Ranah internet dimeriahkan oleh kehadiran emoji Pinched Finger yang menimbulkan perbedaan interpretasi.
Ranah internet dimeriahkan oleh kehadiran emoji Pinched Finger yang menimbulkan perbedaan interpretasi.

Melihat Arti Emoji Baru Ini di Berbagai Negara

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 10 Februari 2020 16:45
Jakarta: Ranah emoji dimeriahkan oleh kehadiran emoji disebut sebagai Pinched Fingers, yang meluncur pada bulan Januari lalu. Emoji ini menuai berbagai respon dari masyarakat dunia, yang mengungkapkan persepsi mereka terkait arti di balik gambar jari yang saling menyatu tersebut.
 
Sejumlah pihak menyebut bahwa emoji ini mewakili permintaan untuk tidak berisik, atau gestur imut yang dipopulerkan oleh bintang K-Pop. Menurut laporan BBC, emoji yang diumumkan oleh Unicode Consortium, lembaga yang menyetujui standar emoji di seluruh dunia ini memiliki arti berbeda.
 
Menurut kreator emoji ini, tujuan resmi Pinched Fingers ini adalah untuk mewakili cara masyarakat Italia saat bertanya, Apa yang Anda inginkan?. Namun pernyataan ini tidak menghentikan interpretasi berbeda oleh masyarakat dunia terkait emoji ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam proposal sebanyak 14 halaman untuk emoji ini, kreator ikon Pinched Fingers menyebut bahwa gestur itu akan mewakili budaya Italia dengan alasan karena semua orang memahami orang Italia berbicara dengan tangan mereka.
 
Selain itu, proposal ini juga menargetkan emoji tersebut akan digunakan oleh banyak orang, tidak hanya terbatas di Italia atau negara Mediterania saja, tapi di seluruh dunia karena peningkatan popularitas budaya dan gaya hidup Italia.
 
Sejumlah pihak menyuarakan interpretasi mereka terhadap emoji pinched finger ini, salah satunya seperti yang dilaporkan oleh jurnalis Kim Zetter. Menurut Zetter, gestur ini memiliki banyak arti bagi masyarakat Israel, sebab di negara tersebut, gestur ini umum digunakan saat jengkel atau marah terhadap seseorang.
 
Sementara itu di Nigeria, gestur ini dapat menjadi versi lain dari emoji gbas gbos atau argumentasi berkelanjutan, dan di India diartikan sebagai cara untuk bertanya apabila seseorang sedang lapar. Di wilayah Arab, gestur ini diartikan sebagai gestur yang kerap digunakan ibu terhadap anaknya.
 
Tidak hanya dari sisi serius, sejumlah pendapat yang mengandung unsur komedi juga merespon kehadiran emoji ini. Salah seorang pengguna internet menyebut emoji ini mewakili cara makan dengan tangan dan tanpa alat bantu seperti sendok dan garpu.
 
Pengguna internet lain menyebut gestur ini mewakili istilah pinch of salt atau dapat diartikan sebagai baru sebatas rumor. Bintang K-Pop Yuri berpendapat emoji ini mewakili dumpling, yang kerap diasosiasikan dengan frasa I Mandu You.
 
Sebagai informasi, mandu merupakan kata dalam bahasa Korea untuk dumpling, dan disebut penggemarnya kerap digunakan oleh anggota grup idol perempuan asal Korea Selatan, Girls Generation ini, sebagai cara lain dalam menyatakan rasa cintanya kepada penggemar.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif