Computex 2018

AMD Bersiap Pukul Intel di Kelas HEDT via Threadripper Terbaru

Cahyandaru Kuncorojati 10 Juni 2018 22:27 WIB
amdComputex 2018
AMD Bersiap Pukul Intel di Kelas HEDT via Threadripper Terbaru
Presentasi AMD untuk prosesor AMD Threadripper 2 di Computex 2018 Taipei, Taiwan.
Taipei: Ada hal yang memukau antara persaingan Intel dan AMD di ajang Computex 2018. Beberapa jam setelah Intel memdemokan kehebatan prosesor mereka yang sedang dalam tahap pembuatan dan memiliki performa dari 28 core di dalamnya, tiba giliran AMD yang mempresentasikan prosesor AMD Threadripper generasi kedua.

Bayangkan, AMD Threadripper 2 yang sudah jelas fisiknya dipamerkan oelh pihak AMD hadir dengan konifgurasi 32 core, yang artinya tidak hanya banyak dari segi core tapi juga thread yang ada di masing-masing core. AMD Threadripper 2 disebutkan dibangun berbasis fabrikasi 12nm dan arsitektur Zen+ Generasi Ke-2.

Mengingat presentasi ini sebetulnya masih ajang pamer terkait produk yang sudah disiapkan oleh AMD, tidak ada banyak informasi yang diberikan oleh AMD. Mereka menyebutkan bahwa AMD Threadripper 2 akan diluncurkan pada Q3 2018 dan akan menyedian varian jumlah core lainnya.


AMD Threadripper 2 yang hadir dengan 32 core disebut memiliki 64 thread yang artinya mampu menjalankan lebih banyak beban kerja secara bersamaan.

Untuk platform motherboard yang bisa menggunakannya, pihak AMD menyebutkan bahwa prosesor AMD Threadripper 2 masih kompatibel dengan motherboard chipset X399 soket TR4 seperti generasi pertamanya.

Belum diketahui berapa harga yang dibanderol untuk AMD Threadripper 2, tapi bisa diipastikan bahwa harganya akan bisa membuat Intel cukup cemas dan sekali lagi menganggap AMD Threadripper sebagai kompetitor di segmen prosesor HEDT yang sejak lama didominasi Intel.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.