Intel Performance Maximizer. (PC World)
Intel Performance Maximizer. (PC World)

Intel Rilis Software Praktis untuk OC

Teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 20 Juni 2019 20:04
Jakarta: Intel bakal mempermudah dan memberikan jalur aman bagi pengguna prosesornya yang ingin merasakan kemampuan overclocking. Dikabarkan bahwa Intel baru saja merilis software terbaru yang memungkinkan setiap pengguna melakukan overclocking.
 
Software ini bernama Intel Performance Maximizer. Nantinya, pengguna hanya butuh mengaktifkannya dan secara otomatis prosesor Intel akan berjalan dalam mode overclocking. Tentu saja prosesor yang digunakan harus seri prosesor Intel edisi unlocked.
 
Dikutip dari Extreme Tech, Intel Performance Maximizer ditujukan bagi pengguna yang ingin menjajal mode overclocking versi aman. Seperti yang diketahui bahwa proses overclocking atau memacu komponen semaksimal mungkin juga memiliki risiko untuk merusak komponen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Artinya, Intel Performance Maximizer melakukan tuning overclocking sesuai standar atau kriteria aman. Bagi kalangan overclocker,fitur ini mungkin belum tentu memacu komponen hingga titik maksimal. Namun, Intel juga memberikan jaminan bahwa komponen tidak akan mengalami masalah.
 
Intel menyediakan paket Intel Performance Maximizer bergaransi dengan biaya USD20 yang diberi nama Intel Performance Tuning Protection. Program ini akan menyediakan penggantian prosesor yang rusak atau bermasalah akibat penggunaan software tadi.
 
Sayangnya, Intel Performance Maximizer hanya bisa kompatibel dengan beberapa dengan keluarga Intel Core Generasi ke-9 yaitu Core i5-9600K dan 9600KF, Core i7-9700K dan 9700KF, serta Core i9-9900K dan 9900KF.
 
Untuk menjajal Intel Performance Maximizer juga dibutuhkan motherboard Z390 dengan minimal kapasitas RAM 8GB serta free space 16GB. Kemudian, sistem operasi yang harus digunakan adalah adalah Windows 10 versi Windows 1809.
 
Konfigurasi lainnya yaitu prosesor core overclocking harus diaktifkan di bagian UEFI dan apabila memungkinkan mendukung fitur Hyper-Threading. Mode lainnya yang harus diaktifkan di UEFI adalah Turbo Boost 2.0, Enhanced Intel SpeedStep, dan Intel WatchDog Timer.
 
Dilaporkan, beberapa orang yang sudah mencoba Intel Performance Maximizer menyebutkan bahwa software tersebut tidak mengubah RAM clockspeed. Fitur XMP dan mengubah performa RAM ke DDR4-3200 tampaknya luput dari konfigurasi yang disediakan oleh Intel Performance Maximizer.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif