Telkomsel Asset Performance Management.
Telkomsel Asset Performance Management.

Berbasis IoT, Telkomsel Tawarkan Solusi Asset Performance Management

Teknologi teknologi telkomsel corporate transformasi digital internet of things
Cahyandaru Kuncorojati • 28 April 2020 13:41
Jakarta: Telkomsel sejak lama tidak hanya menawarkan solusi dan layanan bagi konsumen di kalagnana B2B (business to business) seperti korporasi, bukan hanya telekomunikasi. Solusi yang ditawarkan juga selalu berbasis teknologi IoT (Internet of Things).
 
Terbaru, Telkomsel mengumumkan solusi terbaru berbasis IoT bagi korporasi yaitu Asset Performance Management. Solusi ini menawarkan teknologi end-to-end untuk korporasi atau perusahaan memantau performa dan mengelola aset bisnis.
 
Baca: Telkomsel Investasi di Startup IoT Amerika Serikat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, memantau lokasi dan kondisi produk dari produk atau aset perusahaan secara real-time. Jadi kendaraan atau moda transportasi yang digunakan oleh perusahaan akan dilengkapi sensor dan terhubung lewat layanan yang disediakaan dari Telkomsel Asset Performance Management.
 
"Solusi ini ditunjukkan untuk mendukung inisiatif pemerintah, khususnya gerakan revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang berjalan, Di mana banyak perusahaan melakukan transformasi digital untuk membuat mereka punya operasi, customer, engagement semakin baik," tutur GM IoT Smart Connectivity Telkomsel, Alfian Manullang.
 
Menurut Alfian, solusi berbasis IoT alias digital ini bisa mengatasi sistem monitoring manual yang pengelolaannya tidak efisien, rumit, dan risiko terjadi kesalahan sangat besar. Kehadiran solusi ini bisa meminimalisir risiko kesalahan dan menekan biaya operasional.
 
Solusi Telkomsel Asset Performance Management diklaim sudah disiapkan untuk mendukung beragam sektor industri. Teknologi yang digunakan terdiri dari tiga elemen utama, yaitu IoT Sensors (Bees and Beacons), IoT Plaform, dan Onlien Dashboard.
 
Baca: Telkomsel Tanamkan IoT ke Pengangkut BBM Pertamina
 
IoT Sensors merupakan solusi sensor dengan dua jenis yaitu Bee (Smart Gateway) dan Beacon. Keduanya bisa diimplementasikan di benda bergerak maupun tidak bergerak. Banyak variabel yang bisa dimonitoring oleh sensor ini.
 
IoT Platform merupakan infrastruktur dan aplikasi untuk pengolahan data terkait cloud dan data analytics. Kemudian Online Dashboard menyediakan fitur manajemen aset bagi penggunanya yang bisa diakses di berbagai perangkat secara online dan real-time.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif