Huawei Nova 3i Tampil Kece di Harga Rp4 Juta
Huawei Nova 3i (kiri) dan Oppo F9 (kanan).
Jakarta: Pengguna smartphone di Indonesia telah naik level. Kini smartphone yang paling banyak dicari, bukan lagi smartphone kelas pemula harga Rp1 jutaan.

Sekarang, mulai banyak orang yang mencari smartphone kelas menengah di harga Rp2-4 juta, dan perusahaan pembuat smartphone menyadari tren tersebut.

Artinya, ini kabar baik karena semakin banyak smartphone di harga tadi yang tampil lebih menarik, baik dari tampilan dan spesifikasi, misalnya Huawei. Setelah sukses merilis smartphone premium P20 Pro, Huawei kini merilis Nova 3i untuk kelas menengah dengan tampilan premium.


Lihat saja desain Huawei Nova 3i, hadir dengan tampilan gradasi warna biru dan ungu bernama Iris Purple. Ini membuat tampilan Nova 3i telihat mewah dan mirip dengan Huawei P20 Pro, edisi Twilight.

Desain gradasi warna di smartphone memang dipelopori Huawei lewat P20 Pro, dan mulai ditiru oleh banyak smartphone lainnya, salah satunya Oppo F9. Oppo F9 juga menghadirkan desain gradasi warna seperti Nova 3i. Membandingkan keduanya, desain gradasi warna Huawei Nova 3i lebih elegan.



Perpaduan dua warna bodi Oppo F9 terlihat tidak premium, karena terlihat jelas tempat penyematan warna yang hanya satu posisi. Sementara Huawei Nova 3i menggunakan material kaca, dengan balutan gradasi warna yang menyeluruh di bodi belakang. Ini membuat Nova 3i terlihat premium dari segala sisi, baik dari atas, bawah, kiri, maupun kanan.

Huawei Nova 3i juga sudah menyediakan dua kamera di bagian belakang. Jadi Anda bisa mengambil foto dengan efek bokeh, caranya dengan mode portrait. Apabila Anda lupa mengganti modenya, Huawei Nova 3i akan otomatis membuat latar belakang foto menjadi blur dan terlihat bokeh.

Oppo F9 juga punya dua kamera belakang untuk mengambil foto bokeh. Namun, Huawei Nova 3i punya kemampuan bokeh yang lebih mudah dan responsive ketimbang Oppo F9. Ini terbukti setiap saya mencoba mengambil efek bokeh dengan F9, ponsel terlalu banyak memberi peringatan saya terlalu jauh, atau terlalu dekat dari objek.



Untuk kapasitas RAM dan memori internal, Huawei Nova 3i lebih berani kasih kapasitas besar dibandingkan Oppo F9. Huawei Nova 3i punya RAM 4GB dan memori internal 128GB, terbesar di kelas smartphone harga Rp4 jutaan.

Oppo F9 juga punya kapasitas ram 4GB,tapi memori internalnya hanya 64GB. Padahal, harga Oppo F9 lebih tinggi, dari Huawei Nova 3i. Kapasitas memori yang lebih besar di Huawei Nova 3i, membuat Anda bisa puas menyimpan foto dan video sebanyak mungkin, termasuk menyimpan game yang kapasitasnya besar.

Buat main game, Huawei Nova 3i punya fitur GPU Turbo di prosesor kirin 710, yang bikin performa grafis meningkat 60 persen, dan konsumsi daya baterainya lebih hemat 30 persen. Anda bisa main game di Huawei Nova 3i dengan kualitas grafis memuaskan, tanpa takut baterainya cepat habis.



Dalam pengujian baterai, Huawei Nova 3i bisa bertahan 10 jam 14 menit, sementara Oppo F9 bertahan 7 jam 44 menit.

Performa Huawei Nova 3i juga memuaskan untuk diajak multitasking. Melihat Huawei Nova 3i dan Oppo F9, jelas bahwa Huawei Nova 3i tampil dengan desain gradasi warna lebih sempurna dan mengesankan smartphone premium, di harga Rp4 juta.

Anda juga bisa mendapatkan RAM dan memori internal yang besar dengan Huawei Nova 3i. Soal kameranya, Huawei Nova 3i juga menyediakan kualitas bokeh yang memuaskan.

Jika Anda gemar bermain game di smartphone, Huawei Nova 3i punya GPU Turbo yang membuat smartphone ini bisa main di kualitas grafis lebih tinggi dan lancar, tapi tetap hemat baterai.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.