Apple resmi meluncurkan MacBook Air pertama dengan dukungan chipset karyanya, bertajuk M1.
Apple resmi meluncurkan MacBook Air pertama dengan dukungan chipset karyanya, bertajuk M1.

Apple Rilis MacBook Air M1

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 12 November 2020 17:12
Jakarta: Apple secara resmi meluncurkan MacBook Air pertama dengan dukungan chipset prosesor karyanya, bertajuk M1. MacBook Air baru ini hadir dengan tampilan tidak berbeda jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
 
Mengutip GSM Arena, MacBook Air merupakan perangkat Mac terpopuler dan merupakan notebook berukuran 13 inci dengan penjualan terbaik di dunia. Perbedaan yang diusung perangkat ini hanyalah penggunaan chipset M1.
 
Penggunaan chipset ini diklaim memungkinkan pengguna menikmati pengalaman tanpa gangguan kebisingan. Hal ini dimungkinkan sebab Apple mengklaim performa CPU perangkat ini lebih tinggi hingga 3,5 kali jika dibandingkan dengan MacBook Air generasi sebelumnya, serta grafis 5 kali lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Apple mengklaim bahwa SSD yang mendukung MacBook Air terbaru ini juga dua kali lebih cepat. Selain performa lebih baik, pengguna juga disebut akan dapat menikmati pengalaman penggunaan dengan daya tahan baterai lebih lama.
 
Untuk aktivitas penelusuran di situs dengan memanfaatkan konektivitas Wi-Fi, Apple menjanjikan daya tahan baterai hingga 15 jam. Namun jika hanya digunakan untuk memainkan video secara offline, Apple menjanjikan MacBook Air terbaru ini mampu bertahan selama 18 jam.
 
Daya tahan ini 8 jam lebih lama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan menjadi perangkat di jajaran MacBook Air dengan daya tahan terlama. Apple juga mengklaim pengguna juga menggunakan laptop untuk panggilan video dua kali lebih lama dalam satu kali pengisian daya.
 
MacBook Air ini hadir dengan layar berukuran 13,3 inci, beresolusi 2560 x 1600 piksel dan berpanel Retina Display. Dan layar perangkat baru ini kini mendukung ruang warna P3, dengan kecerahan 400 nits serta teknologi True Tone.
 
Laptop ini juga didukung Wi-Fi 6, Touch ID serta dua port Thunderbolts dan 4 port USB. Pre-order Apple MacBook Air dengan M1 telah digelar dan perangkat ini ditawarkan seharga USD999 (Rp14,2 juta), sedangkan konsumen di usia sekolah dapat memesannya seharga USD899 (Rp12,7 juta).
 
Model entry-level hadir dengan dukungan chipset M1 berbekal CPU 8 inti dan GPU 7 inti, RAM 8GB, dan ruang penyimpanan internal 256GB. MacBook Air dengan chipset M1 berbekal CPU 9 inti dan ruang penyimpanan dua kali lebih besar, konsumen dapat memesannya dengan biaya tambahan USD250.
 
Laptop ini menggunakan sistem operasi macOS versi Big SUr, dan akan tersedia pada pekan depan dalam pilihan warna Space Gray, emas, dan perak.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif