Microsoft PowerToys.
Microsoft PowerToys.

Microsoft Kembalikan PowerToys ke Windows 10

Teknologi microsoft Microsoft Build
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Mei 2019 16:25
Seattle: Microsoft membuat banyak pengumuman di acara Microsoft Build 2019 yang ditujukan bagi kalangan developer. Kebanyakan pengumuman tersebut terkait dukungan fitur untuk konfigurasi software buatan Microsoft.
 
Ada juga tools yang digunakan untuk mengkonfigurasi sistem operasi Windows. Salah satunya diumumkan kembalinya fitur lama Windows bernama PowerToys. Tools ini pertama kali hadir di sistem operasi Windows 95.
 
PowerToys digunakan untuk mengkonfigurasi tampilan software atau berbagai elemen user interface Windows. Tools ini biasanya digunakan oleh teknisi Windows yang mengembangkan aplikasi, dikutip dari The Verge.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PowerToys kali ini masih hadir dengan beberapa fitur populer, seperti Tweak UI untuk kustomisasi user interface, Quick Res untuk dengan mudah mengubah resolusi layar. Tersedia juga fitur Send To X yang memudahkan mengirim file atau folder ke dalam command line, clipboard, atau desktop.
 
Disebutkan bahwa fitur PowerToys sempat hilang sejak sistem operasi Windows XP. Hal ini karena sang pendiri Microsoft Bill Gates memerintahkan pemeriksaan kembali tingkat keamanan seluruh fitur dan elemen produk Windows.
 
PowerToys sendiri sifatnya gratis atau yang lebih dikenal sebagai open-source. Mengingat kini Microsoft semakin merangkul open-source termasuk Linux, tidak heran apabila PowerToys dikembalikan lagi.
 
Microsoft sendiri sudah menyediakan PowerToys di forum open-sourcing GitHub sehingga bisa digunakan oleh siapapun dan bisa berkontribusi terhadap pengembangan Windows 10. Ada dua fitur juga yang sudah diperkenalkan PowerToys terbaru dan berfungsi di Windows 10.
 
Pertama di bagian widget untuk memaksimalkan ukuran jendela. Saat kursor berada di atas ikon maximize,muncul tombolpop-up yang menampilkan fitur untuk membuka aplikasi tersebut di tampilan desktop lain. Hal ini memudahkan penggunaan multi-desktop view di Windows 10.
 
Fitur kedua adalah Windows shorcut guide. Fitur ini akan memberikan panduan tombol shortut yang bisa digunakan untuk mengakses sesuatu dengan cepat. Caranya hanya dengan menekan tombol Windows di keyboard untuk beberapa saat, akan muncul daftar pandunan Windos shortcut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif