Microsoft mengumumkan aplikasi lini perintah baru untuk Windows, bertajuk Windows Terminal.
Microsoft mengumumkan aplikasi lini perintah baru untuk Windows, bertajuk Windows Terminal.

Microsoft Build 2019

Windows Terminal Hadir untuk Developer, Apa Gunanya?

Teknologi microsoft Microsoft Build
Lufthi Anggraeni • 08 Mei 2019 11:32
Seattle: Microsoft meluncurkan aplikasi lini perintah baru untuk Windows, bertajuk Windows Terminal. Aplikasi ini dirancang sebagai lokasi pusat guna mengakses lingkungan seperti PowerShell, Cmd, dan Windows Subsystem for Linux (WSL).
 
Microsoft menambahkan sejumlah tab pendukung beserta tema dan kustomisasi untuk pengembang yang ingin melakukan perubahan pada aplikasi Terminal, seperti yang dilaporkan oleh The Verge.
 
Windows Terminal juga mendukung mendukung emoji dan rendering teks berbasis GPU. Rendering teks ini berbasis DirectX, dan akan menampilkan teks karakter, glyphs, dan simbol yang tersedia di PC termasuk ideogram, emoji, simbol powerline, ikon dan ligatur pemprograman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Microsoft mengumumkan aplikasi Windows Terminal selama ajang konferensi pengembangnya. Raksasa software ini berencana menghadirkan aplikasi ini pada pertengahan bulan Juni, dan menandai upaya terbaru Microsoft untuk meningkatkan lingkungan pengembang di Windows 10.
 
Windows Terminal juga dapat dikustomisasi dengan memanfaatkan profil. Pengguna dapat menciptakan sejumlah profil untuk masing-masing aplikasi, shell, atau alat yang diimpor pengguna ke Windows Terminal.
 
Alat tersebut termasuk PowerShell, cmd prompt, SSH atau Ubuntu. Setiap profil dapat memiliki warna tema, lebel keburaman layar belakang, gaya tulisan, dan ukuran sesuai dengan keinginan pengguna untuk masing-masing profil.
 
Kustomisasi ini tergolong banyak untuk menjadikan Windows Terminal dapat berguna untuk sebagian besar pengembang. Microsoft sebelumnya menambahkan lini perintah Linux ke Windows 10.
 
Lini perintah ini ditambahkan bersamaan dengan OpenSSH natif pada sistem operasi dan bahkan daftar Ubuntu di Windows Store. Baru akan tersedia pada bulan Juni mendatang, dan Microsoft telah mengunggah kode sumber Windows Terminal di GitHub.
 
Hal ini berarti pengembang telah dapat membangun salinan dari Windows Terminal dan menggunakan aplikasi ini sedikit lebih awal sebelum tersedia di Windows Store. Sebelumnya, Microsoft menampilkan visi terkait Cortana di ajang konferensi pengembang.
 
Untuk mengajarkan konteks pada asisten digital, Microsoft akan memanfaatkan teknologi natural languanges interface milik Semantic Machines, yang telah mereka akuisisi pada Mei 2018. Natural languanges interface memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan mesin atau asisten digital layaknya dengan manusia lain.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif