CTI Group akan menghelat seminar bertajuk CTI IT Infrastructure Summit pada tanggal 13 Maret 2019.
CTI Group akan menghelat seminar bertajuk CTI IT Infrastructure Summit pada tanggal 13 Maret 2019.

CTI Gelar Infrastucture Summit Pada Maret, Angkat Topik AI

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 23 Februari 2019 09:49
Jakarta: PT Computrade Technology International (CTI Group) akan menghelat seminar infrastruktur TI bertajuk CTI IT Infrastructure Summit pada tanggal 13 Maret 2019 mendatang. Ajang ini mengusung teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai topik utamanya.
 
“AI memiliki peluang yang besar bagi semua industri. Adopsinya semakin luas, mulai dari deteksi penipuan dan dokumen palsu di sektor keuangan, memberikan rekomendasi medis bagi pasien, efisiensi transportasi melalui mobil otonom, hingga otomasi proses produksi di industri
manufaktur,” ujar Direktur CTI Group Rachmat Gunawan.
 
Meskipun demikian, AI memunculkan berbagai tantangan dalam pemanfaatannya di bisnis, seperti cara mendefinisikan kasus penggunaan di perusahaan, keterbatasan SDM ahli, dan ketersediaan infrastruktur memadai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui acara yang diadakan pada Maret, CTI berharap dapat membantu pelaku bisnis untuk memiliki wawasan dan pemahaman yang baik terkait alat dan langkah terbaik untuk mengimplementasi AI sehingga sesuai dengan visi perusahaan.
 
Menurut lembaga penelitian McKinsey, penerapan AI secara tepat dapat mengurangi biaya operasional bisnis, meningkatkan pendapatan, dan mengoptimalkan penggunaan aset perusahaan melalui 4P, yaitu proyeksi masa depan, produksi barang dan jasa dengan lebih murah, promosi produk secara tepat, dan peningkatan layanan terhadap pelanggan.
 
Sementara itu, adopsi AI oleh bisnis terus mengalami peningkatan menurut lembaga riset IDC. Di Asia Tenggara, tingkat adopsi AI naik dari 8 persen menjadi 14 persen. Dalam riset ini, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan tingkat adopsi sebesar 24,6 persen.
 
Kemampuan AI dalam memberikaninsight bisnis yang akurat, meningkatkan proses otomatisasi, dan produktivitas disebut sebagai pemicu adopsi teknologi tersebut. AI merupakan teknologi yang menyimulasikan kecerdasan manusia sehingga komputer/mesin dapat memecahkan persoalan dan mengambil keputusan secara lebih cerdas dan manusiawi.
 
AI yang sudah banyak digunakan di kehidupan sehari-hari melalui penggunaan Google Search maupun asisten virtual seperti Siri, kini mulai digunakan untuk berbagai tujuan bisnis, antara lain meningkatkan layanan pelanggan (chatbot), deteksi penipuan, keamanan siber (pengenalan wajah), dan pengelolaan lalu lintas.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi