Bukalapak menyebut masih mengembangkan inisiatif di bidang IoT, meski berharap segera diluncurkan.
Bukalapak menyebut masih mengembangkan inisiatif di bidang IoT, meski berharap segera diluncurkan.

Bukalapak Segera Luncurkan Insiatif IoT?

Teknologi bukalapak e-commerce
Lufthi Anggraeni • 10 Januari 2019 15:58
Jakarta: Bukalapak menyebut perkembangan teknologi sebagai salah satu pendorongnya untuk terus berinovasi, salah satunya di bidang Internet of Things (IoT). Masih dalam tahap pengembangan, Bukalapak berharap dapat segera meluncurkan inisiatif ini.
 
“Saat ini kami sedang mengembangkan unman retail, ritel tanpa orang. Karena ritel seharusnya sederhana, tak perlu manusia, tapi produknya bagus dan sehat,” ujar Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky.
 
Sementara itu menyoal perangkat pemindai, Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid menyebut merupakan salah satu bentuk IoT yang sudah dimulai oleh Bukalapak. Alat pemindai semacam vending machine ini disebut akan dihadirkan di kantor Bukalapak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, lanjut Fajrin, alat pemindai tersebut masih dalam tahap inovasi dan belum secara resmi diluncurkan secara publik. Bukalapak berharap akan dapat meluncurkan produk inovasi di ranah IoT karyanya dalam waktu dekat di warung yang menjadi mitranya.
 
Selain itu, Zaky mengaku saat ini Bukalapak tengah mengembangkan dan bereksperimen dengan pesawat tanpa awak, atau drone, yang dikabarkan akan digunakan sebagai alat pengiriman produk.
 
Namun, Zaky menyebut eksperimen di bidang drone ini masih dilakukan Bukalapak dalam skala kecil, dan dinilai sebagai proses yang tidak mudah. Zaku mengaku ingin menghadirkan drone lebih canggih untuk masyarakat.
 
“Kita ingin bikin drone yang lebih canggih lagi untuk masyarakat. Kalau bisa, drone yang bisa menghindar kalau ditembak pakai ketapel,” pungkas Zaky sembari bergurau.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif