Ilustrasi. (Foxconn)
Ilustrasi. (Foxconn)

Dapat Izin Pemerintah, Foxconn Kembali Beroperasi di Tiongkok

Teknologi Virus Korona foxconn
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Februari 2020 13:04
Jakarta: Beruntung bagi Foxconn karena pemerintah Tiongkok sudah memberikan lampu hijau bagi manufaktur di negara tersebut kembali beroperasi di tengah wabah virus Korona. Artinya, Foxconn bisa mengejar target produksi komponen iPhone yang sempat terhenti.
 
Fasilitas manufaktur milik Foxconn di bulan Januari sempat ditutup sementara, pekerjanya di rumahkan sebagai instruksi karantina virus Korona. Pengamat bisnis menilai bahwa hal ini akan berdampak terhadap bisnis Apple, klien dari Foxconn.
 
Dikutip dari Taiwan News, manufaktur Foxconn di kota Zhengzhou boleh beroperasi kembali. Kota ini termasuk dalam daftar 80 kota yang aksesnya sempat ditutup saat penyebaran virus Korona di awal tahun ini. Sumber lain menyebutkan Foxconn juga sedang bernegosiasi dengan pemerintah untuk membuka akses cabang manufaktur di kota lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Foxconn memiliki pusat manufaktur di kota Shenzhen. Kota ini dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan dan produksi perangkat teknologi di Tiongkok. Meskipun begitu proses produksi di Foxconn kota Zhengzhou mungkin belum akan maksimal.
 
Informasi yang beredar, dilaporkan bahwa hanya 10 persen dari total pekerja di kota tersebut yang sudah mulai kembali bekerja. Dilaporkan sebelumnya Foxconn sempat berencana menerapkan pemantauan kesehatan setiap pekerja yang kembali bekerja.
 
Bukan cuma Foxconn, perusahaan semi konduktor TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing) yang juga punya fasilitas manufaktur di Tiongkok sudah kembali beroperasi. TSCM memiliki fasilitas ini di kota Nanjing dan Shanghai yang juga ikut ditutup aksesnya oleh pemerintah setempat.
 
TSMC juga punya andil dalam proses produksi iPhone dan bisnis Apple. Perusahaan ini dipercaya untuk memproduksi chipset buatan Apple. TSMC juga merupakan mitra AMD dalam memproduksi prosesor dan GPU.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif