Fitbit berada di posisi kedua setelah Apple Watch, berkat kontribusi dari smartwatch karyanya, Versa.
Fitbit berada di posisi kedua setelah Apple Watch, berkat kontribusi dari smartwatch karyanya, Versa.

Apple dan Fitbit Rajai Distribusi Smartwatch

Teknologi fitbit
Lufthi Anggraeni • 06 November 2018 09:11
Jakarta: Laporan distribusi smartwatch global perusahaan penelitian Counterpoint Research resmi dirilis, dan Apple masih mendominasi pasar jam tangan cerdas tersebut.
 
Meskipun demikian, pendistribusian Apple Watch diperkirakan masih akan bertumbuh hingga akhir tahun 2018 ini, dan pada tahun 2019.
 
Namun, pangsa pasar Apple Watch sempat mengalami penurunan sekitar 30 hingga 35 persen antara Q3 2017 dan Q3 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lain halnya dengan Fitbit, yang mengalami pertumbuhan pesat, memboyongnya ke posisi kedua baik di pasar Amerika Serikat, maupun daftar penjualan smartwatch global pada bulan Juli hingga September 2018.
 
Pemain lama di ranah perangkat pelacak kesehatan ini masih terbilang baru di ranah smartwatch, namun cukup mampu mendapuk kesuksesan di pasar umum via salah satu produk karyanya, bertajuk Versa. Selain berharga terjangkau dan berdesain indah, perangkat ini juga didukung oleh sejumlah sensor.
 
Perangkat ini menjadi kontributor penting pada pertumbuhan tahunan Fitbit, dengan pangsa pasar dari 6 persen menjadi 16 persen di seluruh dunia.
 
Meskipun demikian, NDTV melaporkan bahwa perusahaan ini masih membutuhkan produk beragam untuk dapat mempertahankan pertumbuhannya.
 
Analis Counterpoint Research meyakini bahwa portofolio Fitbit membutuhkan kehadiran perangkat dengan dukungan jaringan LTE, untuk dapat bersaing dengan barian Apple Watch terpopuler saat ini, yaitu Apple Watch Series 4.
 
Apple Watch Series 1 dilaporkan menjadi smartwatch Apple dengan penjualan terbaik. Pencapaian tersebut diraih Apple Watch Series 1 sebelum Apple memutuskan untuk dihentikan produksinya.
 
Apple Watch Series 3 juga mengalami pertumbuhan pada akhir kuartal, berkat program promosi dan potongan harga yang ditawarkan Apple, meski belum dapat mengalahkan permintaan terhadap Apple Watch Series 4 selama musim liburan.
 
Sementara itu, posisi ketiga daftar smartwatch yang dirilis Counterpoint Research ditempati oleh produk ramah anak yang hanya dipasarkan di Tiongkok, bernama Imoo. Samsung menempati posisi keempat, dengan pangsa pasar lebih kecil. Namun, ada peningkatan pendistribusian berkat performa baik yang disuguhkan Gear S3 dan Galaxy Watch.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif