Apple dan Fitbit Rajai Distribusi Smartwatch
Fitbit berada di posisi kedua setelah Apple Watch, berkat kontribusi dari smartwatch karyanya, Versa.
Jakarta: Laporan distribusi smartwatch global perusahaan penelitian Counterpoint Research resmi dirilis, dan Apple masih mendominasi pasar jam tangan cerdas tersebut.

Meskipun demikian, pendistribusian Apple Watch diperkirakan masih akan bertumbuh hingga akhir tahun 2018 ini, dan pada tahun 2019.

Namun, pangsa pasar Apple Watch sempat mengalami penurunan sekitar 30 hingga 35 persen antara Q3 2017 dan Q3 2018.


Lain halnya dengan Fitbit, yang mengalami pertumbuhan pesat, memboyongnya ke posisi kedua baik di pasar Amerika Serikat, maupun daftar penjualan smartwatch global pada bulan Juli hingga September 2018.

Pemain lama di ranah perangkat pelacak kesehatan ini masih terbilang baru di ranah smartwatch, namun cukup mampu mendapuk kesuksesan di pasar umum via salah satu produk karyanya, bertajuk Versa. Selain berharga terjangkau dan berdesain indah, perangkat ini juga didukung oleh sejumlah sensor.

Perangkat ini menjadi kontributor penting pada pertumbuhan tahunan Fitbit, dengan pangsa pasar dari 6 persen menjadi 16 persen di seluruh dunia.

Meskipun demikian, NDTV melaporkan bahwa perusahaan ini masih membutuhkan produk beragam untuk dapat mempertahankan pertumbuhannya.

Analis Counterpoint Research meyakini bahwa portofolio Fitbit membutuhkan kehadiran perangkat dengan dukungan jaringan LTE, untuk dapat bersaing dengan barian Apple Watch terpopuler saat ini, yaitu Apple Watch Series 4.

Apple Watch Series 1 dilaporkan menjadi smartwatch Apple dengan penjualan terbaik. Pencapaian tersebut diraih Apple Watch Series 1 sebelum Apple memutuskan untuk dihentikan produksinya.

Apple Watch Series 3 juga mengalami pertumbuhan pada akhir kuartal, berkat program promosi dan potongan harga yang ditawarkan Apple, meski belum dapat mengalahkan permintaan terhadap Apple Watch Series 4 selama musim liburan.

Sementara itu, posisi ketiga daftar smartwatch yang dirilis Counterpoint Research ditempati oleh produk ramah anak yang hanya dipasarkan di Tiongkok, bernama Imoo. Samsung menempati posisi keempat, dengan pangsa pasar lebih kecil. Namun, ada peningkatan pendistribusian berkat performa baik yang disuguhkan Gear S3 dan Galaxy Watch.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.