Berikut spesifikasi yang diusung laptop pengadaan Kemendikbudristek untuk pelajar di Indonesia.
Berikut spesifikasi yang diusung laptop pengadaan Kemendikbudristek untuk pelajar di Indonesia.

Berikut Spesifikasi Laptop Kemendikbudristek untuk Pelajar

Teknologi teknologi hardware Laptop Merah Putih
Lufthi Anggraeni • 30 Juli 2021 10:17
Jakarta: Pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalokasikan dana sebesar Rp2,4 triliun untuk pengadaan 240 ribu laptop bagi pelajar.
 
Program ini ditujukan pemerintah agar laptop dapat mendukung program Merdeka Belajar untuk pendidikan berkualitas dan merata di Indonesia.
 
Sementara itu, Kemendikbudristek menegaskan bahwa spesifikasi yang diusung perangkat sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan No. 5 Tahun 2021 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut spesifikasi laptop
Memori Standar  4GB DDR4
Layar  LED 11 inci
Prosesor  Core 2, frekuensi > 1,1GHz, Cache 1M
Grafis HD integrated
Hard Drive  32GB
Port  USB 3.0
Jaringan  WLAN IEEE 802.11ac/b/g/n
Audio  Integrated
Daya  Maksimum 50W
Sistem operasi  Chrome OS
Device Management  Ready to activated Chrome Education upgrade
Garansi  1 tahun

Pengadaan peralatan TIK ini dilaporkan diambil dari vendor di dalam negeri yang memenuhi persyaratan TKDN. Jumlah unit yang diterima tiap sekolah akan berbeda bergantung usulannya mulai dari level SD sampai SMA.
 
Anggaran sebesar Rp2,4 triliun dari pusat akan ditransfer ke daerah untuk belanja kebutuhan kebutuhan paket laptop untuk masing-masing daerah oleh Pemda. Pemda juga dituntut untuk membelanjakan belanja dari vendor tersebut secara transparan dan akuntabel melalui e-katalog.
 
Sebelumnya, Zyrex dilaporkan menjadi vendor penyedia laptop pengadaan Kemendkbudristek. Saat ini, Zyrex memiliki tiga model model Chromebook di Indonesia yang memenuhi syarat spesifikasi minimum yang diberikan Kemendikbudristek.
 
Ketiganya terdiri dari Zyrex Chromebook M432-1, Zyrex Chromebook M432-2, dan Zyrex Chromebook 360, dan dibanderol seharga Rp6,5 juta untuk Zyrex Chromebook M432 series dan Rp8 juta untuk Zyrex Chromebook 360.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif