Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam kunjungan ke area proyek SKKL.
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam kunjungan ke area proyek SKKL.

XL Axiata Rampungkan Kabel Laut, Hubungkan Tiga Negara

Teknologi xl telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 19 Februari 2019 17:26
Jakarta: Xl Axiata baru saja memberikan kabar terkait pembangunan Sistem Komunikasi kabel Laut (SKKL) yang berjalan sejak Desember 2017. Infrastruktur ini menghubungkan tiga negara yaitu Australia, Indonesia, dan Singapura.
 
Dibangun bersama Vocus Group dan Alcatel Submarine Networks, SKKL akan dimanfaatkan XL Axiata untuk memperkuat jaringan data saat ini dan memenuhi kebutuhan trafik mendatang.
 
"Saat ini kabel laut telah beroperasi sejak awal kuartal keempat 2018 lalu," ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KKL ini juga menjadi infrastruktur yang penting untuk bisa mengatasi peningkatan trafik data di masa depan dan melengkapi redundansi jaringan dalam hal memberikan layananan terbaik kepada pelanggan," jelas Yessie.
 
Terhubungnya jaringan Indonesia dengan Singapura dan Australia dijelaskan memiliki alasan strategis. Jaringan data Indonesia bisa terhubung langsung dengan jaringan global dari kedua negara tadi.
 
Apabila salah satu negara jaringannya salah satu negara ada ganggunan, Indonesia masih bisa terhubung ke global.
 
Pembangunan juga dilakukan dengan menghindari area rawan gempa sehingga aman dan bisa dikomersialkan. XL Axiata juga mulai menawarkan koneksi internasional ini kepada pihak ketiga, baik Jakarta-Singapore maupun Jakarta-Perth-Sydney.
 
SKKL Australia,Indonesia, dan Singapura ini menyediakan konektivitas berkapasitas besar baik ke Singapura dan ke Australia.Kapasitas yang tersedia mencapai 30Tb untuk jalur Jakarta-Singapura, serta 20Tb antara Jakarta-Perth, Australia.
 
Artinya SKKL ini mampu menyediakan kapasitas hingga 6 kali lipat dari total kapasitas jaringan internasional dari Indonesia yang ada saat ini. Selain itu, sudah mengadopsi dukungan 4 Fiber Pairs yang menyediakan fleksibikitas koneksi dan monitoring setiap saat jaringan Australia dan Singapura.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif