Tiongkok Buat Senjata Laser untuk Militer dan Polisi

Ellavie Ichlasa Amalia 02 Juli 2018 16:08 WIB
teknologi
Tiongkok Buat Senjata Laser untuk Militer dan Polisi
Ilustrasi. (Getty Images)
Jakarta: Para peneliti di Tiongkok dilaporkan berhasil mengembangkan prototipe dari assault rifle laser dengan ukuran serupa AK-47. Senjata ini dinamai ZKZM-500, menurut laporan South China Morning Post

Satu hal yang membedakan ZKZM-500 dengan senjata api biasa adalah ia dapat membakar target menggunakan laser. Senjata ini bisa menembak hingga jarak sekitar 800 meter. Senjata tersebut bisa membakar baik pakaian atau kulit target.

Dikabarkan, senjata ini memiliki bobot 3 kilogram dengan kaliber 15 milimeter. Ia menggunakan baterai lithium yang bisa diisi ulang sebagai sumber dayanya.


Senjata ini bisa digunakan untuk mengeluarkan tembakan 1.000 kali dengan kecepatan tembak 2 detik per tembakan. 

Menariknya, senjata ini diklasifikasikan ke dalam senjata "tidak mematikan", menurut dokumen yang dirilis bulan lalu di Platform Layanan Masyarakat untuk Integrasi Militer-Sipil Nasional. Ini mengimplikasikan bahwa efek dari tembakan senjata laser ini berbeda dengan senjata api biasa. 

ZKZM-500 dikabarkan siap untuk diproduksi massal untuk militer dan polisi Tiongkok. Namun, pembuat ZKZM Laser belum menemukan rekan berlisensi. 



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.