Bakal Ada Perubahan Penting di Spotify Minggu Depan

Lufthi Anggraeni 17 April 2018 12:31 WIB
spotify
Bakal Ada Perubahan Penting di Spotify Minggu Depan
Undangan yang digulirkan Spotify mengindikasikan perubahan besar yang dihadirkannya pada layanan versi gratis dan aplikasi mobile.
Jakarta: Dalam upayanya untuk bersaing dengan Apple Music dan pemain penting lain di industri musik streaming, Spotify berencana melakukan perubahan besar pada versi gratis dari layanannya. Hal tersebut bukan hanya satu-satunya aspek yang berencana diperbaiki Spotify mulai bulan ini.

Undangan ke acara Spotify yang digulirkan kepada media mengonfirmasi perubahan besar juga akan hadir pada aplikasi mobile. Sejumlah pejabat penting Spotify akan menghadiri acara tersebut, termasuk Chief R&D Officer Gustav Soderstrom, VP Product Development Babar Zafar, dan Global Head Creator Service Troy Carter.

Belum tersedia informasi terkait tanggal pasti penyelenggaraan acara tersebut, meski rumor yang beredar menyebut bahwa acara ini akan dilangsungkan pada tanggal 24 April. Selain perbaikan pada layanan streaming gratis dan aplikasi mobile, Spotify dirumorkan juga akan mengumumkan speaker cerdas pada acara tersebut.


Pada minggu lalu, informasi terkait keputusan Spotify untuk meningkatkan kemampuan versi gratis dari layanan streaming miliknya juga beredar di internet. Hal ini disebut sebagai bentuk komitmen Spotify terhadap pengguna yang lebih memilih untuk menikmati versi gratis.

Sementara itu, di tengah persaingan di industri streaming musik yang berlomba menawarkan versi layanan berbayar sebagai salah satu sumber pendapatannya, Spotify menyatakan tetap ingin menyediakan layanan gratis. Hal ini karena layanan tersebut merupakan kesempatan potensial untuk mendorong pengguna layanan gratis beralih ke layanan berbayar.

Sebelumnya, Spotify tengah mengembangkan perangkat speaker cerdas sejak dua bulan lalu. Sementara itu bulan lalu, sebuah video yang beredar menampilkan Spotify menguji fitur pencarian via perintah suara karya perusahaannya.

Informasi dari video ini mengindikasikan bahwa Spotify menciptakan asisten digitalnya untuk speaker cerdas tersebut, dan bukan menggunakan bantuan dari Alexa atau Google Assistant.

Spotify juga menyatakan telah menemukan akun premium palsu sebanyak dua juta akun. Angka ini sangat besar dan mengancam jumlah pendapatan perusahaan Spotify yang selama ini sebetulnya belum menghasilkan keuntungan yang berarti.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.