Felix Kjellberg alias PewDiePie.
Felix Kjellberg alias PewDiePie.

Namanya Disebut Pelaku Penembakan, Ini Respons PewDiePie

Teknologi youtube Penembakan Selandia Baru
Ellavie Ichlasa Amalia • 16 Maret 2019 20:10
Jakarta:Bintang YouTube PewDiePie menanggapi laporan yang mengatakan, pelaku penembakan massal di Selandia Baru sempat menyebutkan namanya ketika dia menyiarkan penembakan yang menewaskan 49 orang.
 
PewDiePie, yang memiliki nama asli Felix Kjellberg, berkata bahwa dia merasa "muak" ketika namanya disebut oleh sang terduga teroris, yang mendorong orang-orang untuk mengikuti PewDiePie dalam videonya, menurut laporan Business Insider.
 
"Baru saja dengar laporan menyedihkan dari Christchurch, Selandia Baru," tulis Kjellberg di Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya merasa muak karena nama saya disebutkan oleh orang ini. Saya turut berduka cita atas meninggalnya korban dan mendukung keluarga serta siapapun yang hidupnya terpengaruh oleh tragedi ini."
 
Pernyataan "ikuti PewDiePie" adalah sesuatu yang sering digaungkan. Kjellberg adalah salah satu akun dengan jumlah pengikut paling banyak di YouTube.
 
Dan banyak para penggemarnya yang mendorong orang lain untuk mengikuti Kjellberg, terutama karena kini dia tengah bersaing ketat dengan kanal T-Series dalam hal jumlah pengikut.
 
Selama berkarir sebagai YouTuber, Kjellberg telah membuat pernyataan kontroversial yang terkadang dianggap sebagai rasis atau terlalu nasionalis. Namun, dia tidak pernah mendukung aksi kekerasan.
 
Masih belum diketahui mengapa sang terduga teroris menyebutkan nama PewDiePie. Dalam manifesto terkait penembakan ini, sang pelaku memang menyebutkan rencananya untuk melakukan serangan ini dengan cara yang membuat perhatian orang-orang tertuju padanya.
 
Ketika video penembakan muncul, Facebook dan YouTube segera menghapusnya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif