MediaTek dilaporkan tengah berdiskusi dengan produsen untuk menyematkan chipsetnya di smartphone high-end.
MediaTek dilaporkan tengah berdiskusi dengan produsen untuk menyematkan chipsetnya di smartphone high-end.

MediaTek Ingin Benamkan AI di Ponsel High-End

Teknologi mediatek
Lufthi Anggraeni • 31 Desember 2018 13:49
Jakarta: MediaTek tengah berupaya membenamkan chipset karyanya di smartphone high-end. Perusahaan asal Taiwan ini dilaporkan tengah berdiskusi dengan produsen smartphone seperti Apple, Samsung, dan Xiaomi untuk mencari peluang kerja sama bisnis.
 
Digitimes menyebut dengan menawarkan chip berperforma tinggi untuk perangkat low end,dapat mendukung upaya MediaTek masuk dan memperoleh pangsa pasar di kelas menengah.
 
Sementara itu, penggunaan fitur canggih seperti kemampuan kecerdasan buatan (AI) akan mencegah MediaTek dan perusahaan serupa untuk memperoleh akses ke ponsel high-end. Hal ini diperkirakan menjadi alasan MediaTek tidak mampu memperoleh traksi via Helio X30.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketidakmampuan tersebut mendorong MediaTek untuk menghentikan proses produksi Helio X30 dan mengembangkan chip Helio X untuk perangkat high-end.
 
MediaTek berencana menggunakan teknologi AI untuk menjual chipset di berbagai pasar berbeda termasuk komputer, komunikasi, elektronik konsumen, dan industri otomobil.
 
Untuk pasar smartphone, MediaTek harus berhadapan dengan fakta bahwa produsen ponsel mulai merancang teknologi AI karya mereka, untuk disematkan pada chipset.
 
Sementara itu, Qualcomm masih peluang besar di pasar ini, berkat penyematan di perangkat yang terkait pasar Amerika Serikat.
 
MediaTek mebaru-baru ini merilis Helio P90 yang ditujukan untuk perangkat kelas menengah. Chipset ini diproduksi menggunakan proses 12nm, sehingga berbekal AI Processing Unit (APU) multi-core.
 
Pembekalan APU multi-core ini diklaim mampu menawarkan performa empat kali lebih baik dari chipset Helio P60 dan P70. APU ini memungkinkan produsen ponsel untuk memberikan konsumen kemampuan memotret foto berkualitas tinggi pada ponsel dengan penawaran harga lebih terjangkau.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif