Fitu baru Google di Google Docs email draft (Foto: workspaceupdates)
Fitu baru Google di Google Docs email draft (Foto: workspaceupdates)

Makin Mudah, Kini Kirim Email Bisa Melalui Google Docs

Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Maret 2022 19:30
Jakarta: Google baru saja menambahkan fitur baru di Google Docs. Fitur anyar tersebut adalah new email draft template.
 
Fitur anyar ini dirancang untuk mempermudah pengguna mengolah pesan yang akan dikirim melalui Gmail. Dengan templat ini pengguna dapat membuat draf email kemudian mengekspornya ke akun Gmail.
 
“Kami mempermudah kolaborasi dalam draf email di Dokumen dengan template draf email baru,” tulis Google dalam pengumumannya seperti dikutip dari Google Blog, Kamis, 17 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir The Verge, fitur ini merupakan bagian dari inisiatif "smart canvas" Google. Tujuannya untuk menyatukan seluruh aplikasi produktivitasnya seperti Meet, Documents, dan Gmail dengan mulus.
 
Dalam pengumuman tersebut dijelaskan bagaimana cara menggunakan new email draft template ini. Caranya pengguna cukup mengetik simbol @ seperti fitur smart canvas lainnya yang ada di Docs, kemudian akan muncul menu 'Email Draf'.
 
Tampilan template tersebut persis saat membuat email baru di Gmail. Kolom-kolomnya berisi penerima, subjek, dan bodi pesan.
 
Baca: Siswa SMA Pakai Google Docs untuk Ngobrol di Kelas
 
Setelah draf selesai dan siap dikirim pengguna tinggal menekan ikon Gmail di sebelah kiri berwarna abu-abu. Kemudian akan muncul pop-up Gmail untuk mengirim pesan.
 
Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang perlu penyuntingan atau saran sebelum mengirim email. Fitur ini juga memudahkan untuk berganti aplikasi Google secara lebih mulus.
 
Fitur new draf email sudah tersedia untuk  semua pelanggan Google Workspace, dan pengguna paket G Suite Basic dan Bisnis lama. Untuk Rapid Release Domains akan dilakukan secara bertahap mulai 15 Maret, sementara Schedule Release Domains dilakukan mulai 22 Maret 2022.
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif