Trafik layanan data tertinggi Telkomsel pada Hari Raya Idul Fitri pertama tahun 2019 naik sebesar 12,3 persen.
Trafik layanan data tertinggi Telkomsel pada Hari Raya Idul Fitri pertama tahun 2019 naik sebesar 12,3 persen.

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Naik 12,3%

Teknologi telkomsel
Lufthi Anggraeni • 10 Juni 2019 13:30
Jakarta: Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada Hari Raya Idul Fitri pertama tahun 2019 ini. Trafik layanan data Telkomsel meningkat sebesar 12,3 persen, menjadi 19,30 Petabyte, jika dibandingkan dengan trafik data hari normal.
 
Telkomsel melaporkan, jika dibandingkan dengan periode Idul Fitri tahun sebelumnya, trafik layanan data meningkat sebesar 49,8 persen, dan rata-rata kenaikan trafik tertinggi terjadi antara pukul 00:00 malam hingga 06:00 pagi.
 
Kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari aktivitas di media social, sebesar 30,4 persen, serta melakukan streaming konten film atau video dengan kontribusi sebesar 28,7 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kontribusi peningkatan layanan data berbasis komunikasi berbasis teks, panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan dicatat Telkomsel sebesar 15,7 persen. Pada layanan video streaming, salah satu aplikasi kontributor peningkatan konsumsi kuota data tertinggi adalah Youtube.
 
Sedangkan Facebook dan Instagram menjadi kontributor konsumsi kuota data layanan tertinggi pada kategori media sosial. Selain itu, laporan Telkomsel menyebut bahwa aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Idul Fitri tahun ini adalah Google Service.
 
Layanan Google ini berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7 persen, sedangkan aplikasi Mobile Legend dan TikTok berkontribusi masing-masing sebesar 1,1 persen.
 
Sementara itu, Telkomsel juga mencatat Jawa Tengah sebagai wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi. Wilayah ini mencatatkan peningkatan trafik sebesar 44,0 persen jika dibandingkan dengan hari normal.
 
Posisi kedua wilayah dengan kenaikan trafik tertinggi ditempati oleh Jawa Barat, dengan peningkatan sebesar 31,2 persen, diikuti oleh Jawa Timur sebesar 26,9 persen.
 
Peningkatan signifikan juga ditemukan Telkomsel di sejumlah titik jalur mudik, termasuk Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal.
 
Tidak hanya di sepanjang jalur mudik, lonjakan trafik data juga tercatat di sejumlah lokasi wisata. Sejumlah lokasi wisata tersebut di antaranya Pantai Tirtamaya Indramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan.
 
Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar minus 14,9 persen menjadi 1.05 miliar menit. Hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan sebesar minus 3,7 persen menjadi 531 juta SMS.
 
Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data mencapai 99,69 persen, pengiriman SMS mencapai 99,70 persen, dan panggilan suara masing-masing mencapai 98,52 persen. Hal ini, jelas Telkomsel, mengindikasikan bahwa secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.
 
Sementara itu, wilayah dengan jumlah pelanggan pendatang terbanyak selama periode mudik Idul Fitri tahun ini tercatat di wilayah Jawa Tengah, sebesar 2,80 juta pelanggan, sedangkan Jawa Barat sebanyak 1,57 juta pelanggan, dan Jawa Timur sebanyak 1,28 juta pelanggan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif