Sistem ini dirancang untuk memberikan pandangan komprehensif tentang setiap pertandingan, membantu pemain memahami apa yang berjalan dengan baik dan apa yang perlu ditingkatkan.
Replay sudah tersedia untuk Valorant PC sejak 16 September pukul 23.00 WIB di sebagian besar wilayah, sementara pemain di Tiongkok akan mendapatkannya pada Patch 11.07b di tanggal 9 Oktober. Replay akan hadir untuk Valorant Console pada Patch 11.10, 11 November mendatang.
Fitur-fitur yang ditawarkan oleh sistem Replay sangat lengkap. Pemain dapat mengamati game dari perspektif orang pertama dari 10 pemain yang terlibat, bahkan dengan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kerangka pemain teman/musuh, mirip "wall hack" yang bertujuan untuk analisis.
Kemampuan untuk mengikuti proyektil seperti Recon Dart Sova juga tersedia. Bagi mereka yang menginginkan pandangan lebih luas, kamera observer bebas dengan perspektif orang ketiga juga disediakan.
Kontrol waktu dalam Replay sangat fleksibel. Pengguna dapat mempercepat, memperlambat (dari 0,1x hingga 8x), dan menghentikan game sebentar. Navigasi pun dipermudah dengan kemampuan untuk melompat langsung ke setiap ronde atau ke momen spesifik yang ditandai dengan ikon kill, death, dan penggunaan ability ultima pada timeline. Selain itu, pemain dapat menampilkan/menyembunyikan minimap dan HUD, serta membuka laporan pertempuran kapan saja.
Beberapa pertanyaan umum seputar Replay juga telah dijawab oleh pengembang. Akses Replay sangat mudah; pemain hanya perlu mengunduh file dari halaman detail pertandingan atau halaman Karier setelah game berakhir.
Penting untuk dicatat bahwa sistem ini tidak memengaruhi performa game saat dimainkan. Saat ini, Replay mendukung mode Unrated, Competitive, Swiftplay, dan Premier, namun belum tersedia untuk game Custom atau pertandingan esports seperti VCT.
Salah satu batasan Replay adalah tidak merekam chat suara maupun teks. File Replay juga hanya dapat diunduh dan ditampilkan di klien pemain yang bersangkutan, serta hanya tersedia untuk game yang dimainkan pada patch live saat ini.
Elemen non-gameplay seperti animasi inspeksi atau efek aksesori tertentu tidak akan muncul karena tidak tercatat di server. Perbedaan antara perspektif Replay (sisi server) dan rekaman OBS (sisi klien) mungkin terjadi, terutama dengan ping tinggi. Pengembang juga mengingatkan bahwa perbedaan pergerakan yang terlihat di Replay akibat ping tinggi bukanlah bukti cheating, dan laporan cheating sebaiknya dilakukan selama game berlangsung.
Meskipun canggih, ada beberapa masalah yang diketahui. "Fog of War" di minimap atau megamap tetap terlihat meskipun kerangka musuh dinonaktifkan. Minimap untuk ability tertentu seperti Sky Smoke Brimstone tidak akan terlihat sampai ability tersebut dikerahkan. Begitu pula dengan penanda penempatan ability seperti garis luar turret KJ, yang tidak akan muncul sampai ability ditempatkan sepenuhnya.
Dengan dirilisnya sistem Replay ini, Riot Games berharap para pemain Valorant dapat belajar, memahami, dan mengasah kemampuan mereka dengan lebih efektif. Pengembang juga menegaskan akan terus memantau masukan dari komunitas untuk perbaikan dan pembaruan di masa mendatang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id