Controller PlayStation 5, DualSense.
Controller PlayStation 5, DualSense.

Begini Penampakan Controller PS5, DualSense

Teknologi teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 08 April 2020 08:16
Jakarta: Kehadiran konsol gnerasi terbaru Sony, PlayStation 5, akhirnya ikut mengubah desain dari controller yang selama ini sudah akrab dikenal sebagai DualShock. Semalam Sony memamerkan perangkat controller terbaru mereka bernama DualSense
 
Informasi ini disampaikan oleh pihak Sony PlayStation lewat blog resmi mereka. Desain dan antarmuka DualSense sendiri terlihat tidak jauh berbeda dari DualShock. Namun perangkat ini hadir dengan warna dominan putih yang sangat segar.
 
Umumnya warna dominan tersebut akan mewakili warna dari konsolnya. Jadi bisa dibayangkan bahwa kosol PlayStation 5 (PS5) akan hadir dengan warna putih sebagai versi standar, bukan hitam seperti generasi sebelumnya. Sejauh ini pihak Sony sendiri masih belum mau mengungkapkan desain dari PlayStation 5.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Harga PlayStation 5 Bocor, Kisaran Berapa?
 
Sony menyebutkan bahwa Dual Sense juga tetap mengusung wireless game controller. Mereka mengklaim bahwa desain ini masih tetap terinspirasi dari DualShock 4 yang diperkenalkan bersama PlayStation 4 di tahun 2013. Fitur yang dibawa oleh DualSense juga ternyata masih sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya.
 
Begini Penampakan Controller PS5, DualSense
 
Fitur haptic feedback atau efek getar yang semakin detil dengan intensitas beragam. Penggunanya akan merasakan perbedaan saat mobil di dalam game melaju di atas aspal dan di jalan berlumpur. Kemudian adaptive trigger di tombol L2 dna R2 yang sangat presisi seperti merasakan momen karakter di dalam game menarik busur panah.
 
"Berdasarkan diskusi kami dengan developer, kami menemukan bahwa pengalaman ketika menyentuh di dalam sebuah game tidak ernah menajdi fokus di dalam game seperti pengalaman audio. Kini kami berkesempatan untuk berinovasi bersama pembuatn game di PS5 untuk mengeksplorasi kemampuan membuat pengalaman yang lebih nyata," tulis Sony.
 
Sony mengakui bahwa mereka mendesain ulang controller dari generasi sebelumnya denagn fitur baru yang disebutkan di atas. Tantangannya adalah bagaimana memasag trigger dan actuator tanpa membuat desain atau ukuran tombol tidak menjadi besar, termasuk mengubung sudut kemiringan tombol tersebut.
 
Begini Penampakan Controller PS5, DualSense
 
Baca: Covid-19 dan Lockdown, Penjualan Konsol Makin Laris
 
Diklaim juga bahwa daya taan baterai controller DualSenses di PS5 dan punya bobot yang lebih ringan dibandingkan generasi sebeumnya. Kemudian di bagian tombol Sony mengganti tombol Share menjadi Create yang disebutkan akan tersedia lebih banyak fitur untuk menghasilkan konten atau menangkap momen di dalam game.
 
Controller DualSense juga kini dilengkapi dengan mikrofon built-in untuk fitur komunikasi. Tampilan dari light bar juga diubah tidak lagi di posisi depan melainkan di antara touchpad yang kini area sentuhnya jauh lebih luas.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif