Paten desain konsol gaming Sony.
Paten desain konsol gaming Sony.

Bukan Cuma PS5, Sony Kembangkan Konsol Lain?

Teknologi games sony playstation
Cahyandaru Kuncorojati • 12 November 2019 09:11
Jakarta: Setahun belakangan hingga beberapa bulan lalu Sony terungkap sedang mengerjakan konsol generasi terbaru atau yang disebut sebagai PlayStation 5 (PS5). Kabar ini semakin diperkuat dengan paten sebuah desain konsol yang diduga sebagai PS5.
 
Terbaru, kini Sony diketahui mendaftarkan paten lain yang anehnya tampak tidak berkaitan dengan PS5 bahkan bukan sebuah konsol. Paten terbaru ini memperlihatkan desain sebuah kaset atau catridge yang akrab digunakan pada konsol lawas seperti Nintendo dan SEGA.
 
Dikutip dari Digital Trends, paten ini pertama kali dilaporkan oleh situs asal Belanda bernama LetsGoDigital yang ditemukan dari lembaga perlindungan hak cipta asal Brazil, INPI. Secara jelas desain tersebut diklaim sebagai bentuk sebuah kartrid atau kaset.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan Cuma PS5, Sony Kembangkan Konsol Lain?
 
Fungsi benda dalam desain paten tersebut dituliskan sebga penyimpanan data atau storage. Namun tidak ada informasi lebih detil pada perangkat. Penelusuran lebih mendalam oleh situs LetsGoDigital pada kategori paten tersebut terungkap bahwa desain paten ini termasuk sebagai aksesoris gaming.
 
PlayStation sendiri sejak lama hadir dengan mengandalkan optical disk drive dan dulu penyimpanan data menggunakan aksesoris bernama Memory Card. Fungsi ini sudah tergantikan sejak ada memori penyimpanan digital seperti HDD dan SSD serta layanan cloud save.
 
Menelusuri ke riwayat produk buatan Sony, penggunaan kaset pada jenis handheld game yaitu Sony PlayStation Vita. Dahulu perangkat tersebut menggunakan kartrid berukuran kecil. Faktanya, Sony sudah memutuskan untuk berhenti memproduksi dan mengakhiri dukungan PlayStation Vita.
 
Bukan Cuma PS5, Sony Kembangkan Konsol Lain?
 
Keputusan Sony menghentikan PlaStation Vita karena melihat tren gaming handheld beralih ke smartphone. Meskipun Nintendo kini berhasil bangkit dengan handheld device berupa Nintendo Switch.
 
Sejauh ini banyak pihak berspekulasi Sony sedang mengembangkan konsol selain PS5. Pihak Sony kini masih sibuk menyiapkan PS5 untuk bersaing dengan konsol Xbox generasi terbaru dari Microsoft. Keduanya justru juga sedang bekerja sama menggarap layanan cloud gaming menghadapi Google Stadia.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif