Panduan Map dan Strategi di Honor of Kings.
Panduan Map dan Strategi di Honor of Kings.

Panduan Map dan Monster di Honor of Kings

Medcom • 08 Oktober 2024 20:25
Jakarta: Banyak pemain yang kerap kali melewatkan beberapa fitur penting yang ada di dalam map Honor of Kings, seperti portal teleportasi serta monster epik yang terdapat di dalamnya (seperti Tyrant dan Overlord).  
 
Medcom membuat artikel agar Sobat Medcom dapat mengambil langkah permainan yang baik dan mengamankan objektif-objektif yang dapat memberikan keuntungan besar bagi tim, sekaligus mempermudah upaya untuk meraih kemenangan. Untuk memberikan pemahaman lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai map yang ada di Honor of Kings dan fitur-fitur penting di dalamnya.

LANE, RIVER DAN TURRET

Sebenarnya, desain map di Honor of Kings memiliki kemiripan dengan map yang ada di game MOBA lain, baik dari segi struktur maupun konsep. Map ini berbentuk menyerupai belah ketupat, di mana setiap tim mendapatkan kendali atas satu area segitiga yang terbagi menjadi tiga jalur atau lane utama. Setiap lane memiliki perannya sendiri, seperti jalur atas, tengah, dan bawah, dengan objektif dan strategi unik di setiap jalurnya, yang mengharuskan pemain untuk cermat mengatur taktik serta pemilihan hero agar mampu mendominasi permainan.
 
Ada tiga jalur utama di dalam permainan ini, masing-masing dengan fungsi dan karakteristiknya sendiri. Pertama, ada Clash Lane, yang juga sering disebut sebagai Exp Lane, dan biasanya ditempati oleh hero-hero fighter atau tank yang mampu bertahan lebih lama dalam pertarungan serta mendominasi area secara agresif. Di bagian tengah, terdapat Mid Lane yang umumnya diisi oleh hero-hero mage dengan kemampuan burst damage yang tinggi, berfungsi sebagai penyokong tim dalam menyerang dan bertahan. Terakhir, Farm Lane atau Gold Lane, yang memegang peran krusial terutama pada fase late game, biasanya dihuni oleh marksman yang bertugas mengumpulkan gold dengan cepat untuk mencapai kekuatan maksimal dalam pertarungan penentu kemenangan tim.

Setiap jalur di dalam permainan ini dilengkapi dengan tiga turret yang berfungsi sebagai pertahanan utama. Turret paling luar, atau biasa disebut outer turret, menjadi garda terdepan pertahanan dan dilindungi oleh lapisan pelindung atau shield yang membuatnya sangat sulit dihancurkan, terutama di menit-menit awal permainan. 
 
Kemudian, ada turret tengah atau inner turret yang terletak lebih dekat dengan markas tim, dan terakhir, high ground turret yang berdiri tepat di depan base, memberikan perlindungan paling penting. Outer turret khususnya memiliki pertahanan yang begitu kuat, bahkan serangan di tahap awal permainan hanya memberikan sedikit efek, seperti mencoba menembus kulit badak dengan tusukan kecil.
 
Di belakang outer turret, terdapat sebuah elemen penting yang dapat membantu hero untuk bertahan lebih lama di lane, yaitu healing dew (bunga hijau). Item ini berfungsi sebagai sumber penyembuhan instan yang sangat berguna untuk memulihkan HP hero tanpa perlu repot-repot kembali ke base. Healing dew akan muncul pertama kali pada menit pertama permainan, dan setelah itu akan muncul kembali atau respawn setiap 75 detik. Kehadiran healing dew ini sangat membantu pemain untuk tetap menjaga posisi di lane lebih lama, sehingga bisa tetap fokus pada push dan farm tanpa harus kehilangan waktu untuk pulang ke markas.
 
Di bagian tengah peta, terdapat sebuah sungai yang memisahkan kedua tim. Meskipun pada pandangan pertama terlihat seperti elemen dekoratif saja, sungai ini sebenarnya memiliki peran yang cukup signifikan dalam permainan. Bukan hanya menjadi garis pembatas antara kedua wilayah, tetapi juga sebagai penanda area perlindungan bagi jungle masing-masing tim. Keberadaan sungai ini menciptakan zona aman bagi jungle tim, yang sangat penting dalam mencegah serangan atau invasi dari tim lawan yang berusaha mencuri monster jungle atau menggagalkan farming hero jungler. Oleh karena itu, memahami fungsi sungai ini bisa memberikan keuntungan strategis dalam mempertahankan wilayah jungle.
 
Setiap kali jungler musuh mencoba masuk dan menginvasi jungle tim kita, ada mekanisme perlindungan yang secara otomatis aktif. Mekanisme ini membuat damage yang diterima oleh hero kita dari musuh berkurang secara signifikan, memberi kita kesempatan untuk melawan balik dan mengusir musuh yang mengganggu. Perlindungan ini memberikan keuntungan besar di early game, di mana jungle kita aman dari invasi yang terlalu agresif. Namun, perlindungan ini tidak berlangsung selamanya, karena efeknya hanya bertahan hingga menit keempat. Setelah itu, pertarungan di jungle menjadi lebih berbahaya dan terbuka bagi kedua tim.
 
Tak hanya sekedar jadi pembatas area, river di dalam permainan ini juga memiliki peran strategis karena beberapa hero dapat memanfaatkan keberadaannya untuk meningkatkan mobilitas. Salah satu contohnya adalah Lam, hero populer di kalangan pemain. Lam memiliki kemampuan unik yang memungkinkan dirinya menyelam di dalam sungai tanpa dibatasi oleh waktu. Ketika berada di dalam sungai, ia mendapatkan bonus movement speed yang memungkinkannya bergerak lebih cepat dan menyerang lawan dengan lebih efektif. Namun, untuk mencapai kemenangan dalam game ini, tugas utama tetap sama, yaitu menghancurkan base turret yang terletak di ujung map lawan.

Portal untuk Teleportasi/Berpindah Tempat

Salah satu fitur menarik yang ada di map Honor of Kings adalah portal teleportasi, yang berlokasi di ujung Clash Lane dalam lingkaran khusus. Sesuai dengan namanya, portal ini berfungsi untuk memindahkan pemain secara instan ke lane lain di map, menjadikannya alat yang sangat praktis. 
 
Terutama bagi jungler, clashlaner, maupun roamer yang berada di posisi jauh, portal ini sangat membantu mereka untuk segera bergabung dalam pertarungan tim (war) atau melakukan ganking ke Mid Lane maupun Farm Lane tanpa harus menghabiskan waktu berlari melintasi map. Dengan fitur ini, para pemain dapat lebih cepat merespons pertempuran dan mengamankan objektif penting.
 
Perlu dicatat bahwa portal teleportasi ini tidak dapat digunakan secara langsung, karena baru akan terbuka pada menit kedua permainan dan akan ditutup kembali setelah menit kesepuluh. Jika hero kamu telah memanfaatkan portal ini, kamu perlu menunggu selama 90 detik sebelum dapat menggunakannya lagi. 
 
Namun, teman satu tim mu masih bisa memanfaatkan portal tersebut setelah kamu menggunakannya, hanya setelah selang waktu empat detik. Dengan mekanisme ini, koordinasi antar pemain menjadi sangat penting untuk memaksimalkan penggunaan portal demi keuntungan tim.

Monster Hutan Biru dan Merah

Seperti halnya pada permainan MOBA lainnya, terdapat dua buff penting yang sangat perlu diperoleh oleh jungler, terutama pada awal permainan. Buff tersebut adalah buff biru dan buff merah. Buff biru berfungsi untuk mengurangi penggunaan mana, sehingga memungkinkan hero untuk terus melakukan spamming skill tanpa khawatir kehabisan mana. 
 
Sementara itu, buff merah tidak hanya meningkatkan pertahanan tetapi juga meningkatkan damage serangan, menjadikannya sangat krusial untuk memperkuat daya serang hero. Selain itu, kedua buff ini juga memberikan tambahan pengalaman dan gold, yang sangat membantu dalam mempercepat perkembangan hero selama pertandingan.
 
Di sisi lain, berbagai monster kecil yang tersebar di berbagai lokasi di peta sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman dan gold. Contohnya adalah peri sungai yang muncul di dekat area hutan, burung api yang terbang di luar peta di Farm Lane, serta berbagai jenis kadal baik yang berwarna coklat maupun hijau, ditambah lagi serigala, babi hutan, dan ayam api. Mengalahkan monster-monster ini menjadi salah satu cara efektif untuk memperoleh sumber daya yang diperlukan dalam memperkuat hero selama pertandingan.
 
Bagi para pemain yang berperan sebagai jungler, sering kali mereka harus menyempatkan diri untuk mengunjungi buff biru dan buff merah, serta menghabisi monster di tiga lokasi hutan lainnya demi mencapai level 4 dengan cepat. Penting untuk diketahui bahwa buff biru dan buff merah akan muncul kembali setiap 90 detik, sedangkan waktu respawn untuk monster-monster hutan lainnya berkisar sekitar 75 detik. Strategi ini sangat penting untuk memastikan jungler dapat bersaing secara efektif di sepanjang permainan.

Peri Vision

Ketika tim lawan berhasil menghancurkan turret bagian dalam, dampaknya tidak hanya membuat minion mereka bergerak lebih lambat, tetapi juga akan memunculkan makhluk penjaga turret yang dikenal sebagai peri vision, yang berfungsi untuk memberikan informasi dan perlindungan tambahan di area tersebut.
 
Peri vision memiliki peran penting dalam memberikan informasi di area hutan, terutama ketika ia muncul setelah turret dalam permainan dihancurkan. Begitu muncul, peri ini akan menjelajahi area jungle dan mengungkapkan apakah terdapat musuh yang mencoba memasuki wilayah tersebut. Dengan fungsi yang sebanding dengan fitur magic sentry di game MOBA lainnya, peri ini dapat membantu tim untuk mengambil keputusan strategis. Namun, perlu diingat bahwa peri vision hanya akan bertahan selama kurang lebih 60 detik sebelum menghilang, dan akan muncul kembali setelah jeda waktu sekitar 120 detik.

OVERLORD, TYRANT, DAN TEMPEST DRAGON

Di samping berbagai monster kecil yang telah disebutkan, ada juga dua monster legendaris yang mulai muncul di menit keempat permainan, yaitu Overlord dan Tyrant, yang muncul secara bersamaan pada waktu tersebut. Peran dari Overlord mirip dengan fungsi Lord yang ada di game MOBA lainnya. Ketika sebuah tim berhasil mengalahkan Overlord, mereka akan mendapatkan dukungan berupa naga yang akan membantu menyerang turret lawan di ketiga lane secara bersamaan, memberikan keuntungan strategis yang signifikan dalam upaya menghancurkan pertahanan musuh.
 
Setelah tim yang berhasil mengalahkan Overlord, dua gelombang minion mereka akan digantikan oleh naga yang memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap serangan turret dibandingkan minion biasa. Namun, penting untuk dicatat bahwa Overlord akan mengalami evolusi pada menit kesepuluh dan berubah menjadi Shadow Overlord. Setelah perubahannya, Shadow Overlord ini akan muncul kembali setelah periode respawn selama tiga menit tiga puluh detik setelah dibunuh, memberikan peluang baru bagi tim untuk mengambil keuntungan dari kekuatannya dalam pertarungan selanjutnya.
 
Selain memperoleh keuntungan yang telah disebutkan sebelumnya, pemain yang sukses melakukan last hit pada Shadow Overlord akan mendapatkan akses untuk memanggil naga istimewa yang memiliki kemampuan untuk menghabisi gelombang minion di lane yang mereka pilih. Keberadaan naga ini sangat berharga, karena dapat membantu dalam mempercepat proses pendorongan lane dan memberi tekanan lebih besar kepada tim lawan.
 
Tidak hanya memberikan keuntungan dalam hal menghancurkan wave minion, jalur yang dipilih juga akan membentuk sebuah path yang menyala dan bertahan selama satu menit. Selama waktu tersebut, semua hero dalam tim yang berada di area jalur ini akan mendapatkan pengurangan damage sebesar 10 persen dari serangan musuh, sekaligus mendapatkan tambahan 10 persen damage yang bisa mereka berikan kepada lawan. Dengan adanya efek ini, tim akan lebih mudah untuk bertahan dan memberikan tekanan kepada musuh saat berperang di jalur yang telah ditandai.
 
Sementara itu, Tyrant memiliki fungsi yang mirip dengan Turtle dalam game MOBA lain, di mana kehadirannya memberikan manfaat signifikan bagi tim yang berhasil mengalahkannya. Ketika Tyrant dibunuh, semua hero dalam tim yang terlibat dalam eliminasi tersebut akan mendapatkan buff khusus yang berupa efek petir. Efek ini memungkinkan mereka untuk menyetrum lawan, baik itu hero musuh maupun minion, secara otomatis dengan damage yang cukup besar, sehingga meningkatkan potensi serangan tim dalam pertarungan selanjutnya.
 
Serupa dengan Overlord, Tyrant juga akan mengalami evolusi pada menit ke-10, di mana ia akan berubah menjadi Shadow Tyrant. Setelah dikalahkan, monster ini akan kembali muncul setelah jeda waktu sekitar 3 menit dan 30 detik. Selain meningkatkan kekuatan efek petirnya yang semakin menyakitkan, semua hero dari tim yang berhasil mengalahkannya juga akan mendapatkan peningkatan kecepatan gerak, sehingga meningkatkan mobilitas mereka dalam pertarungan berikutnya.
 
Satu hal yang menarik dalam Honor of Kings adalah saat sebuah tim berhasil mengalahkan salah satu dari dua epic monster tersebut, mereka akan dikenakan efek negatif yang disebut Primal Bond. Efek ini akan bertahan selama 90 detik dan mengakibatkan kerugian yang signifikan, di mana kerusakan yang mereka berikan kepada epic monster yang tersisa akan berkurang antara 50 hingga 60 persen. Di sisi lain, serangan dari epic monster itu akan menjadi semakin menyakitkan bagi tim yang terpengaruh oleh efek ini.
 
Situasi ini mengharuskan setiap tim untuk membuat keputusan strategis mengenai epic monster mana yang akan mereka kalahkan, sehingga pemain diajarkan untuk tidak serakah dalam mengejar keuntungan. Dalam hal ini, game ini menekankan pentingnya memilih prioritas dengan bijak, karena keputusan yang diambil dapat memengaruhi hasil pertarungan di kemudian hari.
 
Apabila hingga mencapai menit ke-20 permainan belum ada tim yang berhasil meraih kemenangan, maka Tempest Dragon yang sangat kuat akan muncul. Meskipun mirip dengan Evolved Lord di Mobile Legends, dalam Honor of Kings, monster epik ini bisa dianggap sebagai kombinasi dari kekuatan Overlord dan Tyrant, menggabungkan keunggulan keduanya dalam satu entitas yang menakutkan.
 
Tim yang berhasil mengalahkan Tempest Dragon akan merasakan manfaat gabungan dari keuntungan yang diberikan oleh Overlord dan Tyrant yang telah mereka kalahkan sebelumnya. Selain mendapatkan dukungan dari naga yang akan menyerang tiga lane secara bersamaan, setiap anggota tim juga akan memperoleh efek petir serta buff yang sangat signifikan. Lebih menariknya lagi, turret yang terkena serangan dari naga tersebut tidak akan mampu memberikan damage selama lima detik, memberikan kesempatan berharga bagi tim untuk menguasai permainan.
 
Dengan mempertimbangkan seberapa kuatnya Tempest Dragon, kedua tim akan berusaha sekuat tenaga untuk merebutnya, karena hal ini dapat meningkatkan peluang mereka untuk meraih kemenangan atau bahkan mengubah arah permainan. Jika pertandingan masih belum menemukan pemenang, naga legendaris ini akan muncul kembali setelah interval tiga menit sejak dikalahkan, memberi kesempatan kedua tim untuk kembali berjuang memperebutkan kekuatannya.
 
Sekian penjelasan mengenai peta dan beragam fitur yang ada di dalam permainan ini. Meskipun setiap hero dalam Honor of Kings memiliki keterampilan yang menarik dan mengasyikkan, penting bagi para pemain untuk memahami bahwa ini adalah sebuah game bergenre MOBA. Oleh karena itu, fokus utama untuk mencapai kemenangan tidak hanya terletak pada jumlah kill yang berhasil diraih, melainkan juga pada strategi makro, penguasaan peta, dan pemenuhan tujuan permainan yang efektif.
(Agapytus Edvaldo Sugiharto)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan