Desain tampilan aplikasi Facebook Gaming. (Facebook)
Desain tampilan aplikasi Facebook Gaming. (Facebook)

Kejar YouTube dan Twitch, Facebook Rilis Aplikasi Gaming

Teknologi youtube media sosial teknologi facebook twitch
Cahyandaru Kuncorojati • 20 April 2020 11:44
Jakarta: Masa pandemi membuat bermain game termasuk konten live streaming dari influencer gamer atau pro player jadi tontongan paling diminati. Hal ini membuat Facebook tidak mau kalah dari YouTube terutama Twitch.
 
Setelah sebelumnya hanya hadir di dalam aplikasi media sosial Facebook sendiri, kini fitur Facebook Gaming dilaporkan dirilis dalam aplikasi mandiri alias terpisah. Jadi tidak lagi harus diakses melalui media sosial mereka.
 
Dikutip dari The Verge, aplikasi Facebook Gaming akan sepenuhnya mengkurasi konten terkait game dan fokus ke komunitas streamer game. Namun, jenis konten game yang disajikan tidak sepenuhnya game kelas AAA, tapi termasuk game kasual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kehilangan Streamer Ternama, Penonton Twitch Merosot
 
Rencananya, aplikasi ini akan tersedia besok dan lebih dulu di sistem operasi Android. Pihak Facebook menyebutkan bahwa masih dalam tahap menunggu dari Apple untuk iOS. Belum diketahui peluncuran aplikasi ini global atau di negara tertentu.
 
Facebook sendiri diketahui baru akan merilis di bulan Juni namun melihat industri game di tengah pandemi Covid-19 atau virus Korona maka rencana tersebut dipercepat. YouTube terutama Twitch disebut sudah ramai lebih dulu sejak awal masa pandemi.
 
"Berinvestasi di game telah menjadi salah satu prioritas kami karena melihat gaming sebagai bentuk hiburan yang baru yang bisa menghubungkan setiap orang," tutur Head of Facebook App, Fidji Simo dikutip dari New York.
 
"Gaming adalah bentuk hiburan yang tidak bersifat pasif saat dikonumsi tapi menghiburkan karena interaktif dan bisa membawa semua orang bersama-sama menikmatinya," imbuhnya.
 
Facebook Gaming sebetulnya bukan layanan baru. Kontennya sendiri sudah sering lewat di feed media sosial Facebook berisi berbagai gamer yang melakukan live stream. Namun, selama ini kalah dari YouTube dan Twitch karena mereka bisa menggandeng gamer influencer atau pro player ternama.
 
Baca: Twitch Rilis Software Gratis, Jangkau Streamer Pemula
 
Twitch yang merupakan milik Amazom dan YouTube dari Google juga punya kompetitor lain yaitu Mixer buatan Microsoft. Ketiganya semakin sering berebut game streamer atau influencer dengan cara memberikan kontrak bernilai jutaan untuk streaming eksklusif di masing-masing layanan.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif