Game streamer terkenal Tyler
Game streamer terkenal Tyler

Kehilangan Streamer Ternama, Penonton Twitch Merosot

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Januari 2020 17:02
Jakarta: Kompetisi platform video streaming di segmen game kian memanas seiring pertumbuhan industri game dan esports. Beberapa platform mulai berebut kontrak dengan game streamer atau game influencer demi mendorong pertumbuhan penontonnya.
 
Twitcher lama dikenal sebagai platform video streaming milik Amazon yang ikut membesarkan industri game. Namun perlahan kepopulerannya menurun karena ditinggal sosok game streamer terkenal yang ikut menarik jumlah basis penontonnya.
 
Dikutip dari The Verge, jumlah penonton Twitch merosot drastis setelah platform ini ditinggal sosok game streamer seperti Tyler "Ninja" Blevins yang terkenal di game Fortnite dan Michael "Shroud" Grzesiek manta pro player CS:GO yang dan game FPS lainnya termasuk PUBG.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan laporan data dari situs monitoring Streamlabs dan Newzoo, total rata-rata jam yang dihabiskan penonton Twitch berkurang menjadi 2,3 juta di kuartal akhir tahun 2019 dari 2,6 juta di kuartal sebelumnya.
 
Meskipun diakui bahwa Twitch masih memimpin pangsa pasar dibandingkan kompetitornya. Menurunnya angka performa Twitch tadi tidak terlepas dari perang perebutan talent atau game streamer.
 
Ninja memutuskan pindah ke platform Mixer milik Microsoft kemudian disusul oleh Shroud. Keduanya dikabarkan menerima kontrak untuk periode tertentu dengan nilai yang besar. Kemudian beberapa game streamer lain juga memutuskan beralih ke YouTube Gaming Live dan menerapkan konten eksklusif.
 
Memanfaatkan ikatan kontrak dari pemilik platform maka talet atau game streamer ini hanya akan menayangkan konten mereka di platform tersebut. Game streamer yang meninggalkan Twitch disebut memiliki basis penggemar hingga mencapai jutaan.
 
Kondisi ini jelas membuat Twitch harus menyiapkan strategi untuk tahun 2020. Perbandingan data dari 2018 ke 2019 sendiri masih memperlihatkan performa bagus bagi Twitch. Jumlah jam yang dihabiskan untuk menonton di platform mereka meningkat 12 persen.
 
YouTube Gaming Live yang berhasil mendapatkan kontrak dengan game streamer Jack "CouRageJD" Dunlop dari Twitch juga memperoleh peningkatan performa. Data Streamlabs menyebutkan ada peningkatkan 46 persen di kuartal keempat tahun 2019 dibandingkan kuartal pertama untuk jam menonton yang dihabiskan penggunanya.
 
Facebook Inc sendiri juga sudha terjun ke bisnis ini. Berbekal platform Facebook Gaming, mereka sudah mengantongi kontrak dengan game streamer Jeremy "Disguise Toast" Wang untuk tampil eksklusif di platform tersebut.
 
Di tahun ini, game influencer atau game streamer jelas akan menjadi anak emas di industri hiburan. Game akan menjadi konten hiburan baru untuk platform video streaming yang semakin populer.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif