Tampilan GX Corner di Opera GX.
Tampilan GX Corner di Opera GX.

Opera Rilis Peramban Khusus Gamer, Opera GX

Teknologi games
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Juni 2019 11:02
Jakarta: Di E3 2019 perusahaan peramban internet Opera membuat kejutan. Mereka mengumumkan tahap awal produk terbaru, peramban untuk gamer Opera GX. Namun, jangan dibayangkan Opera GX seperti Google Project Stream cikal bakal Google Stadia.
 
Apabila Google Project Stream mencoba menyediakan streaming lewat browser, Opera GX hanya menyediakan fitur pelengkap. Pertama, Opera GX tampil dengan antarmuka yang masih sama seperti versi biasa tapi kini memliki tema tampilan yang cukup menarik bagi gamer.
 
Dikutip dari How To Geek, Opera GX masih berbasis proyek open source dari Google Chrome Chromium. Tampilannya memiliki permainan warna yang bisa terintegrasi ke efek LED RGB di perangkat PC menggunakan software Razer Chroma Integration.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tersedia fitur bernama GX Corner yang berisi panel dengan informasi game terbaru. Halaman ini merupakan fitur Content Aggrergator yang akan menyajikan informasi terbaru seputar dunia game pada bagian Daily News.
 
Di bagan tersebut juga ditampilkan dafatar game terbaru dan diskon yang disediakan oleh platform distribusi game seperti Steam dan lain-lain. Jadi Opera GX juga mengkurasi konten yang dicari oleh gamer.
 
Saat ini, Opera GX juga sudah menyediakan dukungan integrasi untuk layanan streaming Twitch. Di sini pengguna Opera GX bisa menyaksikan Twitch termasuk saat penggunanya sedang bermain game. Jadi Opera GX akan menyediakan sebuah panel yang memutar video di atas game yang dimainkan.
 
Tidak hanya itu, fitur terbaik dari Opera GX adalah CPU & RAM Limiter di bagian GX Control. Aplikasi yang berjalan di PC dikenal menyedot kapasitas RAM dan kinerja CPU saat dibuka. Akhirnya sebagian besar pengguna PC memilih untuk menutup browser apabila mereka akan menjalankan aplikasi yang cukup berat, terutama game.
 
Dengan fitur CPU & RAM Limiter, Opera GX diklaim menyediakan akses cepat untuk membatasi konsumsi RAM dan CPU dari aplikasi ini.
 
Sisanya fitur lain seperti Ad-Blocker atau pemblokir iklan di halaman web, dan opsi VPN juga masih tersedia di Opera GX. Saat ini Opera GX sudah bisa diunduh secara gratis dan akan menerima updateke depannya.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif