Ilustrasi.
Ilustrasi.

Microsoft Tutup Mixer, Gabung ke Facebook Gaming

Teknologi teknologi microsoft games
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juni 2020 07:46
Jakarta: Persaingan di streaming segmen gaming mendapatkan kejutan. Mixer milik Microsoft yang banyak merebut streamer ternama dari Twitch justru dinyatakan tutup.
 
Kabar ini diumumkan langsung oleh Microsoft di laman resmi Mixer. Lebih mengejutkannya lagi adalah mereka menyatakan bergabung dengan platform serupa buatan Facebook yaitu Facebook Gaming. Keduanya memiliki usia yang masih muda dibandingkan Twitch.
 
"Kesuksesan mitra dan streamer di Mixer sangat bergantung pada kemampuan untuk mengembangkan platform kami secepat mungkin dan seluas mungkin bagi mereka," tulis Mixer di blog resmi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami memutuskan untuk menutup operasional Mixer dan membantu komunitas kami melakukan transisi ke platform baru. Kami bekerja sama dengan Facebook untuk memungkinkan komunitas bertransisi ke Facebook Gaming," tambahnya.
 
Pihak Mixer menjelaskan bahwa ini merupakan langkah untuk mendukung misi dan visi Xbox bersama Facebook Gaming untuk membangun industri game. Artinya, kemungkinan layanan cloud gaming Project xCloud ke depannya akan bermitra dengan Facebook.
 
BACA: Kejar YouTube dan Twitch, Facebook Rilis Aplikasi Gaming
 
Mixer menyatakan akan menutup layanannya pada 22 Juli. Laman situs Mixer akan langsung beralih ke Facebook Gaming. Demikian dengan fitur streaming Mixer yang ada di Xbox One sementara akan ditiadakan. Semua konten yang ada di Mixer akan tersedia di Facebook Gaming.
 
Kemungkinan besar alasan Microsoft menutup Mixer karena trafik seperti jumlah penonton atau durasi menonton yang dihabiskan di layanan ini terbilang kecil. Mixer sendiri berhasil merebut kontrak Tyler "Ninja" Blevins dan Michael "Shroud" Grzesiek dari Twitch dengan nilai fantastis.
 
BACA: YouTube Kantongi Streaming Eksklusif Turnamen Overwatch dan Call of Duty
 
Kehadiran kedua streamer terkenal ini ternyata tidak menolong Mixer. Dikutip dari Wired, data dari perusahaan analitik Arsenal.gg di bulan April menunjukan waktu yang dihabiskan menonton Mixer masih kalah jauh dari Twitch dan YouTube.
 
Di bulan April ada 37 juta jam yang dihabiskan untuk menonton di layanan Mixer. Berbeda jauh dari Twitch yang mengantongi trafik 1,5 miliar jam dan YouTube 461 miliar jam. Pertumbuhan Mixer di periode April 2019 hingga April 2020 hanya dua persen, sementara Twitch 101 persen.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif