Pengumuman dari tim developer ini mencakup berbagai aspek, mulai dari penyesuaian keseimbangan ability karakter, langkah proaktif mengurangi smurfing, insentif menarik untuk eksplorasi peta baru, hingga pembaruan teknis signifikan seperti transisi ke Unreal Engine 5 dan perubahan pada skena esports.
Salah satu fokus utama di tahun kelima Valorant adalah meninjau kembali keseimbangan ability secara menyeluruh. Tim developer akan melakukan iterasi pada berbagai area, seperti kekuatan keseluruhan dan potensi counterplay untuk debuff, ultima yang berdampak ke seluruh lokasi, serta perbaikan pada ability yang dirasa kurang memenuhi standar counterplay.
Beberapa pekerjaan ini bahkan telah dimulai dengan pembaruan pada minimap, audio molly Brimstone, serta visual ledakan Raze dan barrier mesh Deadlock. Perubahan ini akan diluncurkan secara berkala untuk menjaga keseimbangan inti antara kemampuan menembak dan penggunaan ability di Valorant.
Menyambut kehadiran peta baru di Patch 11.00, VALORANT memberikan insentif khusus. Peta baru ini akan langsung tersedia di mode Competitive sejak hari pertama perilisannya.
Untuk mendukung proses pembelajaran peta di lingkungan kompetitif, selama dua minggu pertama (siklus patch pertama), pengurangan Rank Rating (RR) saat kalah di peta baru hanya akan sebesar 50%, sementara kemenangan tetap akan mendapatkan 100% RR.
Dari sisi perilaku pemain, Valorant mengambil langkah tegas untuk meningkatkan keamanan akun dan mengurangi praktik smurfing dengan rencana penerapan Autentikasi Multi-Faktor (MFA). MFA, seperti verifikasi melalui aplikasi atau SMS, rencananya akan diwajibkan terutama untuk kasus-kasus mencurigakan dan sedang dipertimbangkan untuk semua akun Competitive.
Selain itu, sebuah fitur baru yang akan diluncurkan akhir tahun ini akan memberikan lebih banyak visibilitas terhadap status perilaku pemain, memungkinkan mereka melihat peringatan atau penalti aktif di akun mereka.
Untuk ranah kompetitif, pembaruan hadir di mode Premier pada Patch 11.00 dengan diperkenalkannya Tag Tim bagi pemain yang berpartisipasi dalam Pertandingan Mingguan.
Fitur baru juga ditambahkan untuk mengapresiasi pemenang Turnamen Playoff. Kabar gembira lainnya, fitur Pick'Ems akan kembali hadir di semua event Masters dan Champions mendatang, menyusul respons positif selama Champions Seoul.
Pembaruan teknis paling signifikan adalah transisi Valorant dari Unreal Engine 4 ke Unreal Engine 5, yang dijadwalkan hadir pada Patch 11.02 sekitar akhir Juli.
Meskipun patch awal akan berukuran sangat besar karena perubahan engine, tim developer memastikan tampilan, nuansa, dan gameplay inti tidak akan terganggu. Bahkan, patch ini diharapkan membawa peningkatan performa framerate dan proses pengunduhan patch yang lebih cepat di masa mendatang.
Sebagai perayaan, akan ada gun buddy khusus untuk semua pemain yang login saat Patch 11.02 berlangsung. Fitur yang telah lama dinantikan, Replay, juga akan dirilis di PC dengan Patch 11.06 pada bulan September dan menyusul di konsol pada akhir tahun.
Di kancah esports, Valorant berencana melakukan perubahan besar pada awal 2027. Dengan siklus pertama kemitraan tim yang akan berakhir akhir tahun depan, VCT ke depannya akan dibuat lebih terbuka, menjembatani kesenjangan antara Tingkat 1 dan Tingkat 2, serta memberikan lebih banyak kesempatan bagi tim untuk bertanding di panggung besar.
Fleksibilitas dalam kompetisi, format, dan lokasi event global juga menjadi target, bersama dengan penciptaan lebih banyak momen ekosistem yang menyatukan game, kompetisi, komunitas, dan budaya Valorant, terutama di tingkat regional.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News