Steam.
Steam.

Jumlah Pengguna Aktif Steam Naik, Makin Banyak Orang Bermain Game

Teknologi teknologi games steam
Cahyandaru Kuncorojati • 07 April 2020 09:29
Jakarta: Steam kembali menyita perhatian di tengah pandemi COVID-19 atau virus Korona. Layanan ini mencatat untuk ketiga kalinya memiliki julah pengguna yang aktif bersamaan dalam periode tertentu (concurrent player).
 
Peningkatan tersebut menandakan bahwa semakin banyak orang bermain game di tengah pandemi untuk mengisi waktu selama menjalani physical distancing.
 
Dikutip dari PC GamesN, layanan monitoring SteamDB mencatat bahwa kali ini ada sekitar 24 juta pengguna Steam yang aktif bersamaan. Angka ini meningkat drastis dari tanggal 15 Maret yang menyentuh 20 juta pengguna dan di tanggal 21 Maret sebanyak 22 juta pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Covid-19 dan Lockdown, Penjualan Konsol Makin Laris
 
Angka akurat yang ditampilkan oleh layanan SteamDB sebanyak 24.535.923 pengguna Steam telah aktif bersamaan untuk bermain beragam game. Namun dari SteamDB, ternyata posisi game yang paling banyak dimainkan masih tidak berbeda jauh.
 
Kali ini peringkat pertama hingga ketiga diisi oleh CS:GO, DOTA 2, dan PUBG. Berbeda dari tanggal 21 Maret 2020, saat itu posisi ketiga diisi oleh game Mount & Blade 2: Bannerlord yang menggeser posisi PUBG. Kini posisi tersebut telah kembali ke tangan game genre battle royale ini.
 
Game CS:GO sendiri ikut mendapatkan rekor baru dari momen ini. Game tersebut mengantongi jumlah concurrent player terbanyak sejak dirilis. Tercatat ada 1,2 juta pengguna Steam yang memainkan game CS:GO dalam waktu bersamaan.
 
Baca: Pandemi Covid-19 Bikin Penjualan Game Digital Meroket
 
Berdasarkan jajaran tiga besar game yang paling banyak dimainkan di Steam juga bisa terlihat genre game yang paling diminati selama physical distancing. Pertama adalah FPS (First Person Shooter) dari CS:GO, kedua yaitu MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) di DOTA 2, dan selanjutnya Battle Royale di PUBG.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif