Tahun Depan, Xbox Tanpa ODD
Xbox One X.
Jakarta: Konsol selalu identik dengan optical disk drive atau komponen pembaca keping Blu-Ray untuk memainkan game. Microsoft berencana menghilangkan komponen ini dari Xbox di tahun 2019.

Dikutip dari Thurott, beredar kabar dari internal Microsoft bahwa mereka tengah menyiapkan salah satu varian Xbox dengan konsep tersebut yang akan dirilis tahun depan.

Artinya, Xbox ini hanya bukan termasuk dalam Xbox generasi selanjutnya mengingat informasi sejauh ini menyebutkan bahwa konsol generasi penerus Xbox One baru akan dirilis pada tahun 2020.


Kemungkinan besar dengan hilangnya komponen optical disk drive, harga konsol menjadi sedikit lebih murah. Di sisi lain, pemain akan sangat mengandalkan memori internal konsol untuk menyimpan game.

Kemungkinan lain hal ini juga seiring dengan target Xbox merilis layanan game streaming Project xCloud. Kemudian bagaimana dengan gamer yang suka membeli game dalam bentuk fisik?

Microsoft disebut bakal menyediakan fitur disc to digital, yakni fitur untuk menggunakan kode pada game fisik yang sudah dimiliki untuk dikonversi ke konten digital, sehingga pemain cukup mengunduh game tersebut.

Di sisi lain, hal ini sebetulnya membantu gamer yang pusing memikirkan tempat unuk menyimpan koleksi game mereka. Sejauh ini, bagi sebagian penerbit, game versi fisik menjadi cara mereka menawarkan konten bonus dalam Collector's Edition.

Dilaporkan ExtremeTech bahwa harga normal Xbox One di sana sekitar USD299 (Rp4,3 juta). Dengan menghilangkan komponen ODD. Microsoft meyakini bisa memangkas harga jualnya menjadi di bawa USD200 (Rp2,9 juta).



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.