Microsoft Project xCloud memungkinkan game dari konsol bisa dimainkan di smartphone secara streaming.
Microsoft Project xCloud memungkinkan game dari konsol bisa dimainkan di smartphone secara streaming.

Microsoft xCloud Punya Lebih Banyak Game Ketimbang Google Stadia

Teknologi google microsoft games
Cahyandaru Kuncorojati • 15 November 2019 07:52
Jakarta: Google Stadia jadi layanan cloud gaming yang bakal resmi dirilis pada 19 November 2019. Ini lebih cepat dibandingkan kompetitornya yang juga menyiapkan layanan streaming game ke semua perangkat. Sayangnya, Microsoft bakal masih lebih unggul.
 
Apabila kemarin Google Stadia dikabarkan akan dirilis dengan 12 judul game di tahap awal operasionalnya, Microsoft menjanjikan lebih banyak game. Masih dalah taham preview, Microsoft sudah memamerkan 50 game yang bisa diakses saat nanti dirilis.
 
Dikutip dari The Verge, Microsoft xCloud atau yang dikenal sebagai Project xCloud yang kini sudah dirilis bulan lalu di Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan sudah menggandeng 25 publisher atau developer,dan kini disebut sudah bisa memiliki 50 game.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa judul game seperti Madden NFL 20, Devil May Cry 5, Tekken 7, Forza Horizon 4, Sea of Thieves, Gears 5, Halo 5: Guardians, dan lainnya bisa diakses via PC, smartphone, dan konsol di Microsoft Project xCloud.
 
Sedikit berbeda dari Google Stadia yang menyediakan Assassins Creed Odyssey, Mortal Kombat 11, Red Dead Redemption 2, Rise of the Tomb Raider, dan lainnya.
 
Meskipun saat ini masih sebatas bisa diakses oleh pengguna terpilih saja, ini menandakan Microsoft Project xCloud sudah siap dari sisi ekosistem. Microsoft belum mematok biaya berlangganan, sementara Google Stadia sudah sempat mengumumkan harga layanannya.
 
Microsoft sendiri menyatakan akan merilis secara resmi layanan cloud gaming mereka lengkap dengan biaya berlangganan pada tahun 2020 nanti. Bermodal jumlah game yang jauh lebih banyak, jelas Google Stadia punya tantangan berat untuk bisa bersaing dengan Microsoft Project xCloud.
 
Sejak awal persaingan cloud gaming, Microsoft memang selalu menyatakan lebih siap menghadapi pertandingan karena mereka punya konten lengkap. Bisnis konsol gaming Xbox punya pengalaman banyak karena persaingan dengan Sony PlayStation.
 
Ditambah, Microsoft juga punya divisi game yang mengakusisi banyak studio developer game sehingga memiliki franchise eksklusif. Di sisi infrastruktur, Microsoft juga sudah punya infrastruktur cloud Azure yang sangat masif dan juga mengadopsi teknologi Edge Computing.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif