Tim esports EVOS Indonesia divisi Arena of Valor.
Tim esports EVOS Indonesia divisi Arena of Valor.

EVOS Esports Terima Suntikan Dana Rp61,7 Miliar

Teknologi games esports evos esports
Cahyandaru Kuncorojati • 06 November 2019 17:03
Jakarta: Kabar mengenai EVOS Esports kali ini terbilang fenomenal. Organisasi esports yang berasal dari Singapura ini baru saja mendapatkan investasi USD4,4 juta atau sekitar Rp61,7 miliar.
 
EVOS Esports yang punya basis cukup besar di Indonesia ini diklaim mengantongi pendanaan A Series dari dua sumber, yaitu venture capital dan angel investor yang identitasnya tidak diketahui.
 
Dikutip dari Business Times Singapura, dana sebesar USD3 juta diperoleh dari Insignia East Ventures Partners. Menariknya, USD1,4 juta disebut berasal dari perusahaan konglomerat asal Indonesia. Sayangnya tidak ada informasi siapa konglomerat yang dimaksud.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilaporkan bahwa dana investasi ini akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di manajemen gaming influencer. Diklaim bahwa sektor bisnis ini di Asia Tenggara memiliki prospek yang cerah.
 
Dalam wawancara yang dikutip Medcom.id, Chief Strategic Officer EVOS, Ang Teng Jen menyatakan akan mengelola 50 gaming influencer dan bekerja sama dengan 250 esports talent. Dia meyakini esports atau gaming influencer jadi fondasi bisnis hiburan di industri ini lewatlive streaming.
 
Ang mengambil contoh Tyler "Ninja" Blevins, gaming influencer Fortnite yang sangat populer di Twitch dan akhirnya berpindah ke Mixer milik Microsoft karena dikontrak. Dicatat bahwa Twitch merupakan platform milik Amazon.
 
"Kami melihat tren yang sama sedang terjadi di Asia Tenggara, esports influencer bisa meraih pendapatan USD30.000 hingga USD60.000 (Rp841 juta) per bulan, ratusan kali lebih tinggi dari pendapatan fresh graduate," ujar Ang.
 
EVOS dilaporkan menyediakan kontrak streaming, brand endorsement, dan acara offline kepada influencer mereka. Diklaim bahwa EVOS Esports memiliki lebih dari dua juta pengikut di media sosial dan 34 juta subsciber di akun YouTube.
 
EVOS Esports berdiri pada 2017 menaungi tim yang berlaga di enam game terpopuler. Mereka beroperasi di lima negara dan total ada 13 tim dengan seluruh pemain sebanyak 62 orang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif