Peresmian IEL 2019 University Series.
Peresmian IEL 2019 University Series.

Indonesia Gelar Kompetisi Esports Resmi Tingkat Kampus

Teknologi games esports
Cahyandaru Kuncorojati • 30 Januari 2019 17:11
Jakarta: Indonesia kedatangan kompetisi esportsbaru, khusus untuk tingkat kampus atau perguruan tinggi. Kompetisi ini digagas oleh organisasi Mix 360 Esports, menggandeng beberapa lembaga pemerintahan.
 
Mix 360 Esports mengumumkan IEL (Indonesia Esports League) 2019 University Series, yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olimpiade Indonesia, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Asosiasi Esport Indonesia (IESPA).
 
Tidak hanya dukungan dari pemerintah Indonesia, pihak Mix 360 Esports juga menyatakan kompetisi sudah mendapatkan pengesahan dari Federasi Olaharaga Elektronik Asia (AESF).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misi kami dalam penyelenggaraan IEL 2019 University Series adalah mempersiapkan calon atlet esportskhususnya di tingkat universitas agar bisa masuk pelatnas untuk SEA Games 2019 di Manila Filipina yang akan digelar tahun ini," tutur Chief Operational Officer Mix 360 Esports, Harry Kartono.
 
Kompetisi esportsantar kampus yang pertama dan resmi ini baru menyertakan 12 kampus dan dua game yang dipertandingkan. Kampus peserta IEL 2019 University Series adalah Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanegara, Universitas Trisakti, Universitas Indonesia, dan Universitas Bunda Mulia.
 
Kemudian ada Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Kristen Petra, Universitas Dian Nuswantoro, UPN Veteran, Universitas Ciputra, dan Universitas Gadjah Mada. Game yang dipertandingkan adalah DOTA 2 dan Mobile Legends: Bang Bang.
 
"Syarat utama untuk memajukan esportsdi tanah air adalah dengan mengubah paradigma tradisional para orangtua dan institusi pendidikan terhadap esports,sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta berbakat di ranah esports," jelas Harry.
 
Kompetisi ini akan mulai berlangsung pada bulan Februari dan Maret untuk Group Stage, sementara babak Semifinal dan Grand Final akan berlangsung di bulan April. IEL 2019 University Series menyiapkan hadiah total senilai Rp1 miliar.
 
"Kompetisi ini sejalan dengan tujuan dibentuknya IESPA, menumbuhkan semangat berkompetisi melalui esportsdan mendorong komunitas sekaligus industri esportsdi Indonesia. Harapan utamanya adalah bisa menjaring bibit talenta baru yang berprestasi terutama menghadapi SEA Games tahun ini," tutur Presiden IESPA Eddy Lim.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif