Hidung memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyaring bakteri agar bakteri tidak masuk ke dalam paru-paru dan juga untuk menghangatkan udara sebelum mencapai paru-paru kita. (Foto: Pexels.com)
Hidung memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyaring bakteri agar bakteri tidak masuk ke dalam paru-paru dan juga untuk menghangatkan udara sebelum mencapai paru-paru kita. (Foto: Pexels.com)

Mengapa Hidung Sering Mengeluarkan Ingus Setiap Kedinginan?

Rona kesehatan
Raka Lestari • 05 Februari 2020 12:12
Jakarta: Hidung yang meler merupakan salah satu hal yang sering terjadi jika Anda merasa kedinginan. Pilek yang berlebihan sering kali juga dialami oleh mereka yang mengalami alergi. Hal tersebut mungkin sangat mengganggu, ketika Anda berada pada cuaca yang dingin. Akan tetapi, hidung meler ketika cuaca dingin memiliki alasan secara ilmiah.
 
Murray Grossan, MD, dari Grossan Sinus and Health Institute menerangkan pada dasarnya, mengalami hidung meler ketika berada pada cuaca yang dingin atau ketika musim dingin adalah mekanisme pertahanan tubuh.
 
Itu karena hidung memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyaring bakteri agar bakteri tidak masuk ke dalam paru-paru dan juga untuk menghangatkan udara sebelum mencapai paru-paru kita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam cuaca dingin, silia, yang berbentuk seperti dayung dan berfungsi untuk menggerakkan lendir dalam hidung akan melambat,” jelas Dr Grossan seperti dilansir dari Thehealthy.
 
“Ketika silia melambat, bakteri tetap di tempat dan berkembang biak. Dan inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak orang jatuh sakit di musim dingin.”
 
Lendir yang keluar dari hidung tersebut merupakan akibat dari hidung yang telah bekerja keras untuk menghasilkan lebih banyak cairan untuk membantu menggerakkan bakteri.
 
Dr Grossan mengatakan bahwa untuk mengatasinya, cobalah untuk menghangatkan hidung Anda. “Gosok kedua tangan secara bersamaan, kemudian hiruplah bagian dalam tangan yang habis digosokkan tersebut. Atau bisa menghirup uap dari minuman hangat seperti teh karena dapat merangsang silia pada hidung.”
 
Mengapa Hidung Sering Mengeluarkan Ingus Setiap Kedinginan?
(Hidung memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyaring bakteri agar bakteri tidak masuk ke dalam paru-paru dan juga untuk menghangatkan udara sebelum mencapai paru-paru kita. Foto: Pexels.com)
 
Selain itu, hidung yang meler pada cuaca yang dingin juga bertujuan untuk mencegah bagian dalam dan luar hidung agar tidak kering.
 
“Hidung yang meler dapat berfungsi untuk melembapkan udara yang kita hirup,” kata Ehsan Ali, MD, dari Beverly Hills Concierge Doctor di California.
 
“Ketika musim dingin, atau cuaca di luar sedang dingin maka udaranya akan jauh lebih kering dibandingkan musim panas yang cenderung lebih lembap. Hidung kita merespons dengan menghasilkan lebih banyak sekresi dan lendir untuk membantu melembapkan udara ke tingkat yang dibutuhkan tubuh kita,” ujar Ali.
 
Ketika ada banyak cairan yang diproduksi, saat itulah hidung Anda akan lebih sering mengeluarkan ingus lebih banyak daripada biasanya.  
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif