Seiring dengan kantuk berlebih di siang hari, ada beberapa tanda narkolepsi yang lebih halus dan bervariasi dari pasien ke pasien. (Foto: Pexels.com)
Seiring dengan kantuk berlebih di siang hari, ada beberapa tanda narkolepsi yang lebih halus dan bervariasi dari pasien ke pasien. (Foto: Pexels.com)

Enam Gejala Narkolepsi yang Melemahkan Tubuh Secara Mendadak

Rona narkolepsi
Torie Natalova • 25 Maret 2019 07:32
Narkolepsi adalah gangguan sistem saraf yang memengaruhi kendali terhadap aktivitas tidur. Jika Anda merasa tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat, kemungkinan Anda menderita narkolepsi.
 

 
Jakarta:
Narkolepsi sering dipahami dengan gejala seseorang yang tertidur mendadak. Memang benar bahwa kebanyakan orang yang mengidap penyakit ini tiba-tiba tertidur tanpa peringatan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi, gejala penyakit gejala narkolepsi sebenarnya adalah rasa kantuk berlebihan di siang hari, meskipun tidak semua penderitanya mengalami ini.
 
Seiring dengan kantuk berlebih di siang hari, ada beberapa tanda narkolepsi yang lebih halus dan bervariasi dari pasien ke pasien. Gangguan ini muncul dalam dua jenis dan berbeda-beda antara orang dewasa dan anak-anak.
 
Narkolepsi tipe satu lebih umum dan dikaitkan dengan kadar rendah zat kimia otak atau hypocretin, yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun seseorang. Penderita tipe satu ini mengalami kelemahan tiba-tiba atau dikenal cataplexy.
 
Narkolepsi tipe dua juga memilki kadar hypocretin otak yang normal dan biasanya tidak mengalami cataplexy. Dan berikut adalah enam tanda narkolepsi yang harus diperhatikan.

1. Kelemahan atau kehilangan otot

Cataplexy tidak hanya memengaruhi seluruh tubuh tapi juga menyebabkan kelemahan atau kehilangan otot di bagian tubuh tertentu. Cataplexy juga dapat membuat kepala Anda mengangguk atau menyebabkan tangan Anda lemah mendadak sehingga barang yang sedang dipegang dapat terjatuh.
 
(Baca juga: Manfaat Tidur bagi Tubuh Anda)
 
Enam Gejala Narkolepsi yang Melemahkan Tubuh Secara Mendadak
(Narkolepsi adalah gangguan sistem saraf yang memengaruhi kendali terhadap aktivitas tidur. Jika Anda merasa tiba-tiba tertidur tanpa mengenal waktu dan tempat, kemungkinan Anda menderita narkolepsi. Foto: Pexels.com)

2. Susah konsentrasi

Jika Anda mengalami kesulitan konsentrasi atau mengingat, ini berkaitan dengan narkolepsi. Namun, masing-masing gejala ini tidak spesifik gangguan narkolepsi, karena dapat berasal dari kondisi lain termasuk hanya kurang tidur saja.

3. Gerakan wajah dan tubuh yang tidak terkendali

Pada orang dewasa, narkolepsi dikaitkan dengan melemahnya atau hilangnya tonus otot terutama terhadap tawa atau emosi yang kuat. Pada dasarnya tubuh seseorang menjadi lemas atau kehilangan kekuatan. 
 
Sedangkan pada anak, narkolepsi dapat menyebabkan beberapa pola gerakan aktif. Mengangkat alis, meringis, gerakan mulut dan lidah yang aneh dan tubuh bergoyang terutama ketika merasakan emosi yang kuat.

4. Kelumpuhan tidur

Kelumpuhan tidur ini terjadi seperti ketika Anda tidak dapat menggerakkan tubuh beberapa saat setelah hampir bangun atau hampir tertidur. Kelumpuhan tidur ini juga merupakan gejala narkolepsi yang sering dialami kebanyakan orang.

5. Ketidakmampuan tidur sepanjang malam

Sementara narkolepsi biasanya dikaitkan dengan kantuk di siang hari, narkolepsi juga dapat menyebabkan masalah ketika Anda tidur di malam hari. Banyak penderita narkolepsi mengalami kesulitan tidur nyenyak sepanjang malam atau sering terbangun beberapa kali setiap malam.

6. Mimpi buruk yang menakutkan

Karena narkolepsi dapat mengaburkan batas antara tidur dan bangun, beberapa penderitanya mengalami mimpi yang sangat jelas dan menakutkan.
 
Untuk beberapa penderitanya, mimpi dapat dimulai sebelum mereka sepenuhnya tidur. Misalnya, seperti melihat atau merasakan ada orang asing di kamar saat Anda sebagian masih terbangun.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif