Tips Meremajakan Rambut Tanpa Perlu ke Salon

Sri Yanti Nainggolan 14 Juni 2018 11:20 WIB
kecantikan
Tips Meremajakan Rambut Tanpa Perlu ke Salon
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kesibukan membuat kita tak bisa maksimal merawat bagian tubuh, terutama rambut, sehingga terjadi kerusakan. Jika tak sempat ke salon, mengubah gaya hidup adalah salah satu cara menjaga kesehatan rambut.

Berikut adalah beberapa tips meremajakan kembali rambut yang tak terurus karena sibuk beraktivitas dari Myna Batavia selaku pendiri perusahaan kecantikan Sinfully Myne.

1. Meminyaki rambut


Minyak membuat rambut tetap ternutrisi dan sehat. Tipe minyak yang bisa digunakan adalah minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak jarak. Pijatlah minyak pada kulit kepala dan biarkan minimal dua jam sebelum keramas.

Minyak berperan sebagai pelindung kutikula dan menyehatkan batang rambut. Minyak kelapa memiliki sifat penetratif yang menyehatkan batang rambut dengan rantai asam lemaknya. Sementara, kandungan protein tinggi dari minyak jarak memenuhi titik keratin rambut yang rusak.

2. Cukup tidur

Banyak orang menyepelekan hal satu ini. Kurang tidur tidak hanya membuat suasana hati yang buruk, tetapi juga memengaruhi rambut. Beberapa studi menyebutkan bahwa kurang tidur untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lebih banyak produksi minyak di kulit kepala, membuat rambut terlihat kusam. Pastikan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan rambut.

3. Perhatikan makanan

Rambut merefleksikan asupan yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, telur, ikan, dan kacang. Sayuran hijau pun tak kalah penting seperti bayam dan kale. Kandungan lain yang juga penting adalah asam lemak omega 3 yang terdapat dalam makanan laut dan minyak ikan.

4. Pilih produk yang tepat

Pilihlah produk rambut yang sesuai dengan tipe rambut agar hasilnya lebih maksimal. Hindarilah produk yang mengandung sulfat dan paraben karena dapat menyebabkan kerusakan rambut.

5. Hindari keramas tiap hari

Keramas dua atau tiga kali seminggu seharusnya cukup untuk menjaga rambut tetap bersih. Jika tak bisa menahan diri, cobalah keramas hanya dengan menggunakan kondisioner.

6. Melembapkan

Kelembapan adalah kunci memiliki rambut sehat. Selalu gunakan kondisioner saat keramas dan pakailah masker rambut seminggu sekali. Masker rambut membantu mengobati rambut kering dan rusak.





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id