Yang Terjadi Saat Anda Berpuasa
Ternyata puasa juga memberikan banyak manfaat. Seperti yang dipaparkan oleh Dr Edward Group DC, NP, DACBN, DCBCN, DABFM. (Foto: Lauren Robert/Unsplash.com)
Jakarta:Seperti yang diimani oleh muslim bahwa berpuasa adalah wajib, maka melakukan puasa merupakan hal yang harus dilakukan. Tapi ternyata puasa juga memberikan banyak manfaat. Seperti yang dipaparkan oleh Dr Edward Group DC, NP, DACBN, DCBCN, DABFM tentang berbagai manfaat melakukan puasa.

Terasa lapar
Terasa lapar adalah hal yang wajar ketika berpuasa. Pada tahap ini terjadi transisi di dalam tubuh Anda dari yang biasa terisi makanan ke "mode berpuasa" dengan tidak makan dan minum.


Pada tahap ini adalah dimana Anda akan merasa lapar, dan bagi mereka yang baru melakukan puasa akan terasa kehilangan level energi. 

Rasa lapar mungkin menjadi salah satubadmoodyang bisa terjadi, tetapi saat Anda puasa Anda juga diharuskan untuk bersabar, termasuk sabar ketika merasa lapar hingga waktunya berbuka puasa nanti. "Kesabaran melatih mental Anda," tambah Dr Edward.

(Baca juga: Lima Manfaat Rutin Berpuasa bagi Tubuh)


(Secara fisik, mereka yang melakukan puasa secara menakjubkan juga terjadi pembersihan dan mendapatkan keuntungan dari kesehatan jantung. Foto: Priscilla Du Preez/Unsplash.com)

Yang terjadi di dalam tubuh Anda
Beberapa hal terjadi di dalam level sel yang menyebabkan lapar dan kelelahan selama berpuasa. Saat Anda makan secara reguler, tubuh Anda akan memecah glukosa untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan secara tepat.

Namun ketika Anda puasa, tubuh Anda membutuhkan produksi gula yang lain untuk energi, sehingga dimulailah di dalam tubuh Anda yang dinamakan Gluconeogenesis.

Selama terjadi proses gluconeogenesis hati Anda mengonversi bahan-bahan non-karbohidrat seperti laktat, asam amino, dan lemak menjadi glukosa. Ketika tubuh Anda "berubah mode" ini, tingkat metabolik basal Anda atau BMR menjadi lebih efisien dan menggunakan sedikit energi.

Termasuk menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Saat Anda berpuasa, Anda juga akan merasa haus (kering). Namun, Dr Edward mengatakan jika Anda bersabar sedikit lebih lama lagi, energi tersebut akan dapat kembali lagi.

Fisik yang Sehat
"Secara fisik, mereka yang melakukan puasa secara menakjubkan juga terjadi pembersihan dan mendapatkan keuntungan dari kesehatan jantung. Ketika BMR menurun, lemak di dalam darah mulai menghilang dan dimetabolisme menjadi energi. Proses ini mempromosikan kesehatan jantung, dan beberapa juga meningkatkan level HDL (kolesterol baik)."






(TIN)