Salah satu pedagang parsel sedang menata dagangannya di Jalan Pegangsaan Timur, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni 2019. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Salah satu pedagang parsel sedang menata dagangannya di Jalan Pegangsaan Timur, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni 2019. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Kerusuhan 22 Mei Bikin Lesu Penjualan Parsel di Cikini

Ramadan lebaran
Kautsar Widya Prabowo • 04 Juni 2019 20:33
Jakarta: Kerusuhan 22 Mei berdampak terhadap aktivitas ekonomi di Jakarta. Salah satunya bisnis parsel yang berada di Cikini, Jakarta Pusat.
 
Salah satu pedagang parsel, Buyung, mengaku kebanyakan konsumen takut membeli parsel ke Cikini. Karena lokasi pasar berdekatan dengan kantor partai politik dan pusat pemerintahan.
 
"Sempat ada kerusuhan, pembeli kita jadi takut, pedagang juga jadi takut ada gimana-gimana, pembeli udah kita bilangin juga enggak apa-apa (beli parsel di Cikini) tapi tetap saja," kata Buyung kepada Medcom.id di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Buyung mengaku dagangannya banyak yang tersisa. Ia mengaku tak banyak keuntungan yang didapat pada lebaran tahun ini. Pria yang berjualan parsel sejak 1997 ini mengaku baru sekarang merugi seperti ini.
 
"Kalau dulu (2018) bisa dapat Rp5 juta, sekarang Rp2-3 juta aja," tuturnya.
 
Keluhan serupa juga disampaikan Babay, pedagang parsel breisi cangkir keramik dan kaligrafi. Beberapa hari pascakerusuhan tokonya sepi dari pembeli.
 
Baca: SBY Tak GelarOpen House
 
"Lima hari setelah kerusuhan bener-bener sepi, akhirnya tanggal 26 Mei udah ada yang beli," tuturnya.
 
Babay telah berjualan parsel selama empat tahun di Cikini, Jakarta Pusat. Ia mengaku kerugian yang dialami tak banyak. Apalagi, parsel keramik bisa kembali dijajakan pada Hari Raya Natal.
 
"Semakin ke sini tidak terlalu sepi, standar lah, kalau tahun lalu dapat untung Rp15 juta, sekarang Rp8 sampai Rp7 juta," imbuhnya.
 
Pantauan Medcom.id, hanya beberapa pedagang parsel yang berdagang di Jalan Pegangsaan Timur, Cikini. Pada beberapa hari sebelumnya puluhan pedagang terlihat menjajakan dagangannya di lokasi yang sama.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif