Jemaah An-Nadzir Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, saat melaksanakan salat Id, Idulfitri 1440 Hijriah, di Kompleks Pemukiman Jemaah An-Nadzir, di Kelurahan Mawang, Gowa, Senin, 3 Juni 2019. (Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin)
Jemaah An-Nadzir Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, saat melaksanakan salat Id, Idulfitri 1440 Hijriah, di Kompleks Pemukiman Jemaah An-Nadzir, di Kelurahan Mawang, Gowa, Senin, 3 Juni 2019. (Foto: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin)

Jemaah An Nadzir Gowa Idulfitri Besok

Ramadan Idulfitri 2020
Muhammad Syawaluddin • 22 Mei 2020 22:10
Makassar: Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bakal menggelar salat Idulfitri 1441 Hijriah pada Sabtu, 23 Mei 2020. Lebaran An Nadzir didasarkan atas hasil pengamatan pergerakan pergantian Ramadan ke Syawal yang terjadi hari ini.
 
"Dari hasil pengamatan tim 7. Kita menyimpulkan pergantian pergerakan bulan dari Ramadan ke Syawal terjadi hari ini," kata Pimpinan Jemaah An Nadzir, Samiruddin Panemmui, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Keputusan untuk melaksanakan salat id besok, setelah tim 7 yang dibentuk mengamati tanda-tanda alam seperti pergerakan bulan hingga pengamatan terhadap puncak air laut di berbagai lokasi mulai dataran tinggi hingga pesisir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai, tim tujuh telah memperhitungkan semua dasar penetapan Syawal sesuai metode yang ada. Sehingga, ditetapkan bahwa 23 Mei 2020, merupakan Hari Raya Idulftri.
 
"Jemaah An Nadzir memutuskan (melalui musyawarah) 1 Syawal hari Sabtu besok," jelasnya.
 
Baca juga:Hari Raya Idulfitri Ditetapkan Minggu 24 Mei
 
Samir menjelaskan saat pelaksanaan salat Idulfitri 1441 Hijriah besok, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak. Serta mensterilkan tempat salat, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.
 
Ia juga mengatakan telah berkordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengamanan saat jemaah tengah melaksanakan salat. Serta berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, guna melancarkan kegiatan.
 
"Kita telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan tidak ada aktivitas selain jemaah yang salat," jelasnya.
 
Ia pun meminta semua pihak menerima keputusan An Nadzir yang akan menyelenggarakan salat Idulfitri di ruang publik. Juga meminta maaf bahwa selain jemaah tidak diperkenankan berada di sekitar lokasi salat.
 
Hal itu, imbuh Samiruddin, sebagai upaya mendukung pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona, khususnya di Kabupaten Gowa.
 
"Kami harap teman-teman, maklum dengan keputusan ini. Mari sama-sama mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah covid-19," jelasnya.

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif