Menteri Agama Fachrul Razi/Antara/M Risyal Hidayat
Menteri Agama Fachrul Razi/Antara/M Risyal Hidayat

Hari Raya Idulfitri Ditetapkan Minggu 24 Mei

Ramadan Ramadan 2020
Siti Yona Hukmana • 22 Mei 2020 19:37
Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Agama memutuskan Idulfitri atau 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020. Ini berdasarkan pantauan hilal di 80 titik di seluruh Indonesia.
 
Menteri Agama Fachrul Razi menyebut dari pantauan pada Jumat, 22 Mei 2020, posisi hilal ada di bawah ufuk antara minus 5 derajat 17 menit sampai dengan minus 3 derajat 58 menit. Posisi diketahui berdasarkan metode hisab (penghitungan) dan metode rukyat (lihat langsung) di 80 titik di 34 provinsi.
 
"Oleh karenanya, sidang isbat secara akurat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020," kata Fachrul dalam konfrensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta pusat, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fachrul mengatakan, Idulfitri di Arab Saudi juga sama dengan Indonesia. Yakni, Minggu, 24 Mei 2020.
 
Sidang Isbat dimulai dengan pemaparan posisi hilal. Sidang dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, dan Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin.
 
Baca:Kemenag: Hilal Diperkirakan Belum Tampak
 
Sidang isbat kali ini tidak dihadiri langsung seluruh peserta dari organisasi masyarakat (ormas) Islam karena wabah virus korona (covid-19). Para pimpinan ormas Islam, pakar astronomi, Badan Peradilan Agama, serta para pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama lainnya mengikuti jalannya sidang isbat melalui telekonferensi.
 


 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif