Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Menhub Perintahkan Persoalan Berebut Masuk Kapal di Pelabuhan Merak Dibereskan

Fachri Audhia Hafiez • 29 April 2022 14:37
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyoroti pemudik yang berebut masuk kapal di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten. Budi memerintahkan jajarannya membereskan situasi tersebut.
 
"Saya sudah memberikan catatan kepada Dirjen Perhubungan Darat dan Dirut ASDP untuk melakukan perbaikan berkaitan dengan tata kelolanya agar ke depannya dapat berjalan lebih baik," kata Budi melalui keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.
 
Menurut Budi, peristiwa berebut masuk kapal terjadi lantaran ada pemudik yang datang jauh lebih awal dari jadwal keberangkatannya. Mereka memenuhi area parkir dermaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga, orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal," ungkap Budi.
 
Budi meminta diterapkannya first in first out di Pelabuhan Merak. Artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal harus didahulukan masuk kapal.
 
Dia mengimbau masyarakat datang ke pelabuhan menyesuaikan dengan keberangkatan kapal. Dia juga meminta penambahan dermaga untuk mengurai kepadatan.
 
"Untuk truk-truk bisa diarahkan ke Dermaga Pelindo (Indah Kiat). Kapal yang digunakan adalah kapal besar, jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan," ujar Budi.
 
Baca: Banyak Tertinggal di Stasiun, Pemudik Diminta Perhatikan Barang Bawaan
 
Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan bakal menambah dua dermaga, yaitu Dermaga Pelindo (Indah Kiat) dan Dermaga BJB. Penggunaan dua dermaga diharapkan memecah kepadatan di pelabuhan.
 
Sebanyak tiga kapal tambahan juga sudah disiapkan, yaitu dua kapal roro dan satu kapal laut. Untuk kapal laut (Atosim) akan bersandar di Dermaga Pelindo (Indah Kiat) dengan rute Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Panjang, Lampung.
 

(AZF)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif