"Pada periode angkutan lebaran 22 April hingga kini tercatat sebanyak 35 barang tertinggal diamankan petugas yang telah dimasukkan pada database sistem lost and found," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Kamis, 28 April 2022.
Eva menyebut dari 16 barang yang tertinggal itu telah dikembalikan ke pemiliknya. Barang yang tertinggal seperti laptop, telepon gengam, perhiasan, koper/tas, jam tangan, dan dompet.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Dia menekankan barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang. Pihaknya bakal berupaya maksimal untuk membantu mengamankan barang berhaga milik penumpang yang tertinggal di kereta api atau stasiun.
"Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun dapat melaporkan kondektur yang sedang berdinas ataupun petugas pengamanan polisi khusus kereta api (polsuska)," kata dia.
Baca: Waduh! KAI Amankan Puluhan Barang Tertinggal Milik Pemudik
Eva menyebut jumlah barang yang tertinggal meningkat seiring dengan tingginya volume pada masa angkutan mudik. Tercatat untuk jadwal keberangkatan 22 April sampai dengan 1 Mei 2022 terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News (JMS)