Petugas melayani pembayar zakat membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: MI/Panca Syurkani)
Petugas melayani pembayar zakat membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta. (Foto: MI/Panca Syurkani)

Zakat PNS DKI Ditargetkan Rp200 Miliar

Ramadan zakat
Nur Azizah • 29 Mei 2019 12:02
Jakarta: Baznas Bazis DKI Jakarta menargetkan bisa mengumpulkan zakat hingga Rp200 miliar. Zakat itu berasal dari para PNS DKI mulai dari tingkat lurah, camat, wali kota, hingga gubernur.
 
Ketua Baznas Bazis DKI Luthfi Fathullah mengatakan target perolehan zakat tahun ini lebih tinggi Rp5 miliar dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp 195 miliar. Dia berharap zakat bisa terus naik.
 
"(Naik Rp5 miliar karena) ada masa transisi. Tahun 2020 kami targetkan Rp300 miliar, tahun 2021 Rp400 miliar, sampai akhir periode kami adalah Rp500 miliar," ujar Luthfi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luthfi menyampaikan zakat tersebut akan disalurkan ke 1.000 penerima yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. Wilayah di DKI yang paling banyak menyalurkan zakatnya melalui Baznas Bazis ialah Jakarta Selatan, namun Luthfi tak memerinci jumlahnya.
 
Baca juga:Jokowi Salurkan Zakat Rp55 Juta
 
Selain PNS, Luthfi juga mengajak masyarakat Jakarta untuk menyalurkan zakatnya melalui badan resmi milik pemerintah seperti Baznas Bazis. Menurutnya, dengan penyaluran dana zakat ini angka kemiskinan bisa terpangkas.
 
Tahun ini, Bazis DKI telah berganti nama menjadi Baznas Bazis DKI. Perubahan ini untuk mematuhi aturan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.
 
Kendati telah berubah nama menjadi Badan Amil Zakat Nasional, namun zakat masih dikelola Pemprov DKI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan zakat yang terkumpul 100 persen akan dikelola oleh Pemprov DKI, bukan disetorkan ke pusat.
 
"Karena itu kami mengajak seluruh jajaran dan warga DKI untuk menyalurkan zakat infaq sedekah ke Baznas Bazis yang nantinya akan diterima warga Jakarta," kata Anies.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif