Presiden Joko Widodo membayar zakat di Istana Negara, Jakarta. Foto: Damar iradat/Medcom.id
Presiden Joko Widodo membayar zakat di Istana Negara, Jakarta. Foto: Damar iradat/Medcom.id

Jokowi Salurkan Zakat Rp55 Juta

Ramadan zakat Ramadan 2019
Damar Iradat • 16 Mei 2019 15:08
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) membayar zakat mal bersama para menteri, kepala lembaga, hingga direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada bulan Ramadan tahun ini. Zakat tersebut disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).
 
Zakat tersebut dibayarkan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019. Ia membayarkan zakatnya kepada petugas yang menunggu di meja konter.
 
Jokowi menyalurkan zakat sebesar Rp55 juta. Lebih besar Rp5 juta dari tahun sebelumnya. Penyaluran zakat ini disaksikan Ketua Baznas Bambang Sudibyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi mengatakan zakat mempunyai potensi yang besar di Indonesia. Ia pun mengajak semua pihak untuk dapat memaksimalkan potensi zakat tersebut.
 
"Ada potensi (zakat) Rp252 triliun, dan yang baru bisa masuk ke Baznas Rp8,1 triliun. Artinya masih ada potensi yang besar," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, zakat penting untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Zakat juga bisa digunakan untuk menuntaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah.
 
Ia mengajak semua pihak untuk bisa berzakat melalui Baznas. Ini agar penyerahan zakat bisa dilakukan dengan nyaman dan sesuai peraturan.
 
"Saya ajak muzakir untuk memberikan zakat ke Baznas, supaya nyaman dan ada peraturan dan tepat penyalurannya kepada mustahik," tegasnya.
 
Selain Jokowi, sejumlah pejabat juga turut membayar zakat mal. Mereka yakni Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofian Djalil, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita.
 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jaksa Agung Prasetyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kemudian, Ketua Dewan Pertimbangan Nasional (Wantimpres) Sri Adiningsih, anggota Wantimpres Agum Gumelar, hingga Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin.
 
Penyaluran zakat bersamaan ini dilakukan Jokowi sejak 2016. Pejabat daerah juga membayar zakat lewat perwakilan Baznas di masing-masing daerah.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif