Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dokumentasi.

Menkominfo Sebut Penggunaan Data Internet Meningkat Saat Idulfitri

Ramadan internet Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Candra Yuri Nuralam • 17 Mei 2021 21:08
Jakarta: Penggunaan internet di Indonesia meningkat saat Idulfitri 2021. Peningkatan data internet saat Idulfitri hampir 50 persen.
 
"Ada lonjakan trafik layanan data terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49 persen lebih besar dibandingkan lebaran tahun lalu," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melalui keterangan tertulis, Senin, 17 Mei 2021.
 
Johnny menilai kenaikan data itu baik. Artinya, kata dia, banyak masyarakat menggunakan ruang digital untuk merayakan Idulfitri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi," ujar Johnny.
 
Johnny juga berterima kasih dengan operator seluler di Indonesia yang menjaga sinyal lancar selama Idulfitri. Hampir semua wilayah di Indonesia tidak mengeluh dengan sinyal saat Idulfitri.
 
"Saya tidak mendengar keluhan berarti ya dari masyarakat terkait dengan pemanfaatan bandwidth di infrastruktur digital nasional," kata Johnny.
 
Baca: Menkominfo: Lebaran Digital Itu Keren
 
Menurut dia, hanya Papua yang mengeluh dengan sinyal saat Idulfitri. Keluhan mereka terjadi karena adanya kabel internet bawah laut yang putus sehingga menimbulkan gangguan sinyal di Papua.
 
"Karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura dalam di kedalaman lebih dari 4.000 meter yang saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia Barat menuju Indonesia Timur demikian sebaliknya," ucap Johnny.
 

(JMS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif