Presiden Jokowi dan keluarga tiba di Keben Keraton Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022 (ANTARA/Luqman Hakim)
Presiden Jokowi dan keluarga tiba di Keben Keraton Yogyakarta, Senin, 2 Mei 2022 (ANTARA/Luqman Hakim)

Jokowi Bersilaturahmi ke Keraton Yogyakarta

Antara • 02 Mei 2022 13:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersilaturahmi ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta, Senin, 1 Mei 2022. Jokowi yang didampingi putra bungsunya Kaesang Pangarep, tiba di Keben Keraton sekitar pukul 09.00 WIB.
 
Rombongan Jokowi disambut tiga putri Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Mereka, yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, serta GKR Hayu.
 
Baca: ASN di Yogyakarta Diperbolehkan Open House

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi mengenakan kemeja batik dibalut celana panjang hitam, sementara Iriana mengenakan busana gamis berwarna putih. Jokowi berada di sana sekitar 30 menit, kemudian berpamitan dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Mangkubumi di Keben Keraton.
 
"Mengapa Idulfitri tahun ini saya berada di Yogyakarta. Tentu saja kami berkunjung untuk silaturahmi dan menghaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin kepada Pak Sultan, Ngarsa Dalem beserta Ibu Ratu (GKR Hemas) dan keluarga," ujar Jokowi kepada awak media dilansir Antara, Senin, 2 Mei 2022.
 
Jokowi mengungkapkan rasa syukur karena agenda silaturahmi dengan Sultan termasuk pelaksanaan salat Idulfitri di Gedung Agung berjalan lancar.
 
"Salat Id di Gedung Agung berjalan dengan baik, semuanya lancar dan Alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri," ungkap dia.
 
Mantan Wali Kota Surakarta itu juga memastikan perayaan Idulfitri 1443 Hijriah di seluruh provinsi di Indonesia berjalan baik. "Tadi pagi kami pantau di semua kota, seluruh provinsi juga baik," kata dia.
 
Sementara itu, Sultan Hamengku Buwono X menuturkan bahwa dalam agenda silaturahmi itu, dirinya bersama Presiden Jokowi tidak menyinggung soal ekonomi maupun politik. "Tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang penting mengenai politik, ekonomi enggak. Kita silaturahmi," tutur Sultan yang juga Gubernur DIY itu.
 

(DEV)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif