Masjid Istiqlal. Foto: Medcom.idKautsar Widya Prabowo.
Masjid Istiqlal. Foto: Medcom.idKautsar Widya Prabowo.

Parkir Alternatif Salat Id di Masjid Istiqlal

Ramadan Ramadan 2019
Kautsar Widya Prabowo • 03 Juni 2019 14:40
Jakarta: Masjid Istiqlal telah mempersiapkan kantung-kantung parkir bagi masyarakat yang membawa kendaraan untuk menjalani salat Id, Idulfitri 1440 Hijriah. Hal tersebut untuk mengantisipasi membludaknya jemaah.
 
Kepala Bagian Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah dilakukan. Kantung parkir disiapkan tidak jauh dari Masjid Istiqlal.
 
"Bisa mereka memarkirkan kendaraannya disekitar Lapangan Banteng, di depan Hotel Borobudur, Kementerian Agama, kemudian Kantor Pos, Gereja Katedral boleh. Kalau Gereja Katerdal di setiap saat berkordinasi," kata Abu kepada Medcom.id, di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin, 3 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, pihaknya belum dapat memastikan berapa kapasitas yang dapat disediakan dari kantung parkir yang ada. Pihaknya hanya mengetahui kapasitas kantung parkir dari Masjid Istiqlal.
 
"Masjid Istiqlal luas 10 hektare, masjidnya sendiri tiga hektare, taman dua hektare. Jadi ada lima hektare untuk kantung parkir muat sekitar 400-800 kendaraan kecil mobil," tutur dia.
 
Baca: Masjid Istiqlal Kebut Persiapan Salat Id
 
Abu menambahkan masjid Istiqlal siap menampung ratusan ribu masyarakat yang akan menjalani ibadah salat Idulfitri 1440 H. Sejumlah sarana dan prasarana disiapkan mendukung hal itu.
 
"Kami (Masjid Istiqlal menampung) 150 ribu sampai dengan 200 ribu orang," kata Abu.
 
Masjid Istiqlal akan menyiapkan pintu khusus jemaah laki-laki dan perempuan. Hanya saja, Masjid Istiqlal belum menentukan pintu yang akan dilewati itu.
 
"Nanti ada petugas, pintu ini khusus cewek, ini laki-laki, begitu di teras atas diarahkan juga, nanti kami pasang petunjuk di pintu-pintu ada juga namanya petugas shaf," tutur dia.

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif