Takbir Keliling tak Boleh Bawa Isu Politik
Konfrensi Pers MUI - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin mengingatkan pada masyarakat yang akan melaksanakan takbir keliling. Dia meminta takbir tak diisi unsur politik, apalagi saat ini mendekati Pilkada Serentak 2018

"Kalau itu (takbir keliling) dilakukan, saya harap untuk dilakukan dengan tertib. Jangan teriak teriak, apalagi menggunakan takbir untuk isu politik," kata Ma'ruf di kantor MUI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Juni 2018.


Muatan politik, kata dia, mengaburkan makna dari tradisi tahunan itu. Apalagi, ada potensi saling balas antara satu kubu dan kubu lainnya. Sehingga muncul takbiran tandingan dan berujung bentrok.

"Akhirnya takbir dianggap melahirkan konflik. Itu memalukan kita, menodai kita, merusak suasana takbir," tandas Ma'ruf.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno melarang warga konvoi saat malam takbiran. Warga hanya diperbolehkan takbiran di lima titik yang sudah ditentukan. 

(Baca juga: Konvoi Saat Takbiran bakal Ditindak)

Titik malam takbiran di Jakarta Timur berada di Masjid Jami At-Taqwa di Jalan Pisangan Baru Timur No 4, RT 4/9, Jakarta Timur.  Sementara di Jakarta Barat berada di Area CNI, depan Lippo Mall Puri Indah dan di Rusun Tambora.

Sedangkan malam takbiran di Jakarta Pusat berada di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang. Ada juga di Masjid Jami Al Islam, Petamburan. 

Lalu di Jakarta Selatan ada di halaman kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Terakhir di Jakarta Utara, berada di Masjid Al Hidayah, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok.

Rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan takbiran di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sedangkan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno akan takbiran di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. 

Selanjutnya mereka akan bertemu di titik terakhir di Jakarta Barat. Keduanya akan mulai ke lokasi masing-masing pada pukul 18.30 WIB. Agenda akan berakhir sekitar pukul 21.30 WIB.

(Baca juga: Wakapolri Imbau Masyarakat Takbiran di Masjid)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id