Kepala Badan Litbang Perhubungan Kemenhub, Umar Aris. Medcom.id/Fachri
Kepala Badan Litbang Perhubungan Kemenhub, Umar Aris. Medcom.id/Fachri

Memantau Perkembangan Mudik Lewat Posko Terpadu Kemenhub

Fachri Audhia Hafiez • 28 April 2022 10:31
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022. Posko ini terletak di Lantai 7, Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat.
 
Medcom.id menyambangi posko tersebut pada Rabu, 27 April 2022. Sejumlah aturan mesti ditaati pewarta yang mengunjungi posko.
 
Sebelum memasuki area posko, pewarta diminta untuk tes antigen dan harus dinyatakan negatif covid-19. Fasilitas tes antigen disediakan gratis oleh pihak Kemenhub.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikutnya, pewarta diminta mengisi daftar hadir. Setelah tahapan itu dilalui, pewarta dipersilakan melihat situasi di posko.
 
Terdapat sejumlah stand dari berbagai regulator yang ikut terlibat dalam pemantauan mudik Lebaran 2022. Misalnya, Ditjen Kemenhub, Korlantas Polri, PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Jasa Marga, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya.
 
Sayangnya, pewarta tidak bisa mengutip informasi apa pun dari stand tersebut. Informasi hanya bisa didapatkan melalui satu pintu dan disampaikan melalui konferensi pers lewat platform Zoom setiap hari pukul 14.00 WIB.
 
Pada konferensi pers itu pewarta bisa interaktif menanyakan perihal perkembangan mudik. Namun, waktu tanya jawab dengan media massa juga terbatas.
 
Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022. Medcom.id Fachri.
Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022. Medcom.id/Fachri
 
Kepala Badan Litbang Perhubungan Kemenhub, Umar Aris, mengatakan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022 diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin, 25 April 2022. Penanggung jawab posko berbeda setiap harinya.
 
Baca:
Baca: Posko Mudik ESDM Siap Pantau Kondisi Energi dan Kebencanaan
 
Penanggung jawab harus berinteraksi dengan regulator. Sekaligus memberikan alternatif jika ditemukan kendala pada sejumlah titik mudik.
 
"Kami harus berkomunikasi kepada kawan-kawan kami di lapangan, seperti di pelabuhan, stasiun, terminal untuk mengecek bagaimana situasinya dan memberikan alternatif-alternatif, kalau hal itu perlu diberikan solusinya," terang Umar di Kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu, 27 April 2022.
 

(AZF)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif